Jakarta Art Festival 2023 Jakarta Timur Diharapkan Jadi Karya untuk Nusantara

Jakarta Timur, (12/8/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Kegiatan Jakarta Art Festival Tahun 2023 di Gedung PPSB (Pusat Pelatihan Seni Budaya) Kisam Dji`un Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Sabtu (12/8/2023). Kegiatan yang digelar selama dua hari ke depan akan menampilkan beragam seni dari 800 pelaku seni se-Jakarta Timur. 
Acara dibuka langsung oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, ditandai dengan tradisi penarikan ketupat lepas, sebuah tradisi terkait nazar agar hajat dapat terkabul. 

Dalam sambutannya, Achmad, mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Jakarta Art Festival Tahun 2023. Kegiatan ini bagian dari upaya pembinaan pemerintah dalam menghidupkan dan membentuk ekosistem berkesenian dengan tujuan kemandirian bagi para pelaku seni di Jakarta Timur.

“Ini cukup baik ya, kita inginkan dari pembinaan dapat menggugah kembali rasa mencintai untuk melestarikan kearifan budaya lokal melalui seni dan budaya Betawi, yang sejatinya diharapkan sebagai karya untuk nusantara,” kata Achmad. 

Jakarta Art Festival sendiri merupakan kolaborasi dari beragam seni tradisi, modern kotemporer sebagai bentuk pendidikan dan pelestarian kesenian. Di acara ini, nantinya akan ditampilkan beragam pertunjukan seni budaya Betawi yang hampir terlupakan, salah satunya kesenian tradisi lisan Betawi Buleng, shohibul hikayat, batik motif Betawi, hingga topeng Betawi.

Dalam kesempatan itu, Achmad juga berharap, kegiatan Jakarta Art Festival dapat menjadi momentum semangat untuk bangkit bagi para seniman-seniman di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. Semangat dengan penuh kreativitas, dan  semangat kemandirian.

”Tadi juga kita terkagum dengan adanya penampilan seni dari kaum disabilitas, tentunya helatan Jakarta Art Festival ini tidak adanya diskriminatif, terbuka untuk semuanya dalam kreasi,” imbuhnya. 

Sementara itu, Qonita, selaku pelatih seni dari SLB Asih Budi Duren Sawit, mengaku senang dengan adanya gelaran Jakarta Art Festival 2023 Kota Jakarta Timur. Dirinya bersyukur peserta didiknya dapat diterima dan mampu menghibur para warga yang hadir. 

“Alhamdulillah, senang dan merasa puas apa yang selama ini kita berlatih dan bisa tampil maksimal bahkan menjadi hiburan seni bagi masyarakat,” ujarnya. (AJ)