Festival Golok Cakung ke-III, Harmonisasi Keberagaman Budaya Satukan Bangsa 

Jakarta Timur, (8/10/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur berkolaborasi dengan Sanggar Bedok Latih menggelar kegiatan Festival Golok Cakung Harmoni Timur Jakarta ke-III, di Inpeksi Kanal Banjir Timur (KBT) RW 03, Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Acara dibuka langsung Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur Achmad Salahuddin, Minggu (8/10/2023). 

Kegiatan yang digelar secara bersamaan dengan perayaan Milad ke-5 Keluarga Besar Bedok Latih dirangkai dengan penampilan pawai budaya parade Golok Cakung. Acara juga diwarnai atraksi main golok, atraksi manusia petasan, atraksi permainan api, palang pintu, pencak silat dan debus hingga Bazar UMKM. 

“Kami sangat apresiasi kepada penyelenggara dalam pelestarian golok Cakung. Dimana, golok Cakung merupakan benda yang memiliki nilai sejarah yang harus dihargai, pelajari, serta ditularkan kepada generasi muda untuk mencintai dan melestarikan kebudayaannya seperti kegiatan ini,” kata Achmad. 

Dijelaskan Achmad, kegiatan ini merupakan momentum untuk terus mengkampanyekan nilai budaya bersejarah kepada masyarakat agar mencintai budayanya. "Kalau didengar adanya festival golok di Cakung, kesannya seram. Padahal ini budaya yang bersejarah nusantara tak ternilai dan patut dibanggakan oleh seluruh elemen bangsa. Ada sisipan religi yang terkandung didalamnya mencerminkan budaya Betawi dan sejarah golok Cakung memiliki pesan identitas dan berdampak positif,” tambahnya. 

Namun demikian, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat agar terus bersatu dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya, budaya Betawi yang kaya akan cerita dan kearifan sehingga keberagaman dan warna menjadi bagian nuansa keharmonisan. 

“Dari situlah kita bercermin, kita semuanya bersaudara dan budaya menyatukan bangsa, mengingat kita akan menghadapi tahun politik untuk terus tingkatkan persaudaraan jangan terpecah belah dari dampak beda pilihan,” pungkasnya. (AJ)