Antisipasi Genangan, 3 RW di Cakung Timur Ajukan Pembuatan Saluran

Jakarta Timur, (23/10/2023) -  Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di wilayah Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung. Rapat yang membahas permohonan pembuatan saluran di tiga RW di Kelurahan Cakung Timur digelar di Ruang Rapat Khusus Walikota Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota, Senin (23/10/2023). 

Tiga RW di Kelurahan Cakung Timur, yakni Ketua RW 05, 06 dan 012 mengajukan permohonan pembuatan saluran. “Ini kita bahas sehingga saat datangnya musim penghujan wilayah ketiga RW tersebut tidak terjadi genangan atau banjir yang meresahkan bagi warga,” kata Walikota.

Rapat juga dihadiri Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi (Sudin SDA) Jakarta Timur Wawan Kurniawan, Plt (Pelaksana Tugas) Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur Dedi Efrizal, Lurah Cakung Timur Rahman Setiana serta para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait. 

Walikota menjelaskan, di lingkungan RW 012 dan RW 05 pada kawasan sisi selatan merupakan lingkungan rawan terjadi banjir. Sebab, adanya pembangunan saluran yang belum terkoneksi ke saluran pada sisi utara. 
Koneksi ini belum tersambung karena melewati lahan pengembang, di antaranya PT. Chela yang saat ini sedang proses pembuatan saluran dan penyempitan dimensi saluran di lingkungan PT. Pactum serta PT. Meratus. Terkait kendala ini, Walikota, meminta perlu adanya identifikasi lebih lanjut kepemilikan lahan dan trase saluran. 

“Kita akan panggil dari semua pihak pengembang, sehingga dapat berkoordinasi baik untuk permasalahan pembangunan saluran SDA. Utamanya, kita akan lihat BAST (Berita Acara Serah Terima) dari semua perusahaan di sekitarnya sehingga dapat memudahkan pengerjaan. Selain itu juga akan kita buat embung atau kantong air di lingkungan ketiga RW rawan banjir Cakung Timur,” pungkasnya. (AJ)