Demi Lancarnya Sinergi Tugas dan Koordinasi, 150 Peserta Ikuti Pembinaan RT dan RW Se-Jakarta Timur

Jakarta Timur, (9/11/2023) – Demi mensinergikan tugas-tugas di masyarakat dan mempermudah tugas yang dilakukan para pengurus RT dan RW, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Pembinaan RT dan RW se-Jakarta Timur di Gedung Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (9/11/2023). Kegiatan yang dilakukan secara daring dan luring dibagi dalam dua sesi untuk sesi pertama diikuti 150 peserta dan dibuka langsung Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto. 

“Adapun kegiatan pembinaan RT dan RW dibagi menjadi 2 sesi karena keterbatasan ruangan. Untuk sesi pertama, 5 kecamatan yaitu Cipayung, Ciracas, Pasar Rebo, Kramat Jati dan Makasar, sedangkan sesi kedua yaitu Jatinegara, Cakung, Duren Sawit, Pulogadung dan Matraman,” kata Kusmanto. 

Kusmanto menjelaskan kegiatan bertujuan mensinergikan tugas-tugas di masyarakat yang dilakukan para pengurus RT dan RW, untuk mempermudah menjalankan tugas dan koordinasi dengan lurah menjadi lebih efektif.
“Dalam kegiatan pembinaan ini kepada pengurus RT dan RW agar membantu tugas pemerintah dalam menangani masalah genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur. Agar melakukan kegiatan kerja bakti rutin bersama warga masyarakat untuk menjaga wilayah tetap bersih,” jelasnya. 

Selain masalah genangan dan banjir, diharapkan para RT dan RW juga ikut membantu pemerintah dalam penanganan stunting serta ikut membantu menyukseskan Pemilu 2024. 

“Disamping itu juga fokus kami menangani masalah stunting di wilayah Jakarta Timur. Mari kita secara bersama menangani masalah stunting ini agar menjadikan wilayah Jakarta Timur menjadi zero stunting, kemudian juga membantu pelaksanaan Pemilu menjadi aman damai dan berlangsung lancar agar RT RW juga turut serta membantu proses penyelenggaraan Pemilu di Jakarta Timur,” jelasnya. 

Pembinaan diwarnai penyerahan bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris almarhum Tarman, Ketua RT 02 RW 17 Kelurahan Pulogadung, yang mendapatkan asuransi jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pulogadung sebesar Rp42 juta. 

Hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Nuke Desri P. Sebagai narasumber hadir Ida Rifdiah Dar dari Balai Permasyarakatan Kelas I Jakarta Timur/Utara, Kepala Bagian Keuangan Kota Administrasi Jakarta Timur Agustinah, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Administrasi Jakarta Timur John Sihar Tony Marbun, Kasuban Kesbangpol Jakarta Timur Handoko Murhestriarso, dan Bagian KKPP Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Betrin Lovely Burmana. (JS)