Tinjau Pengerukan Kali Ciliwung, Pj Gubernur DKI Ajak Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Jakarta Timur, (10/11/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pengerukan sungai di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, perbatasan Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dan Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). Dalam tinjauan itu, Pj Gubernur mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di sungai-sungai atau kali. 

Terkait pengerukan, Heru menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang melaksanakan bulan pengerukan kali atau sungai yang memang semestinya direvitalisasi.

“Jadi terus kita keruk kali-kali yang memang harus direvitalisasi, harus dikeruk,” ujarnya.

Total 240 alat berat (excavator) dikerahkan untuk mengeruk seluruh kali atau sungai yang ada di Jakarta guna mengantisipasi banjir. Tak hanya itu, nantinya seluruh pegawai lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan kerja bakti untuk mengantisipasi banjir.

Di sisi lain, Heru menambahkan, perlu peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai-sungai dan kali-kali di Jakarta. Mengingat saat ini curah hujan meningkat, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di kali. 

Bukan tanpa alasan Pj Gubernur DKI meminta hal tersebut. Ia menjelaskan, pengerukan yang dilakukan selama ini menemukan banyak sampah rumah tangga, seperti plastik dan lainnya.
“Warga bantu untuk tidak buang sampah sembarangan, kalau kita lihat dikeruk, barusan tadi saya perhatikan ada sampah, kebanyakan sampah plastik,” tuturnya. (AD)