Hadiri Semarak Disabilitas di Pondok Bambu, Walikota Tegaskan Berikan Kemudahan Disabilitas Sesuai Hak

Jakarta Timur, (12/12/2023) -  Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan terus berupaya memenuhi hak-hak anak penyandang disabilitas. Penegasan itu diungkapkan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, dalam Semarak Disabilitas di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pondok Bambu Berseri Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (12/12/2023). 

Pemenuhan itu dikhususkan dengan beragam pemberian ruang dan pemberdayaan termasuk meliputi pendidikan wajib belajar sembilan tahun hingga layanan kesehatan, bertujuan pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal (SDGs) yang menjadi aspirasi bersama seluruh masyarakat global.

“Kita terus berkomitmen, bahwa para penyandang disabilitas di Jakarta TImur mendapati hak yang sama dari semua layanan, pendidikan kesehatandan sosial untuk hidup mandiri dan berkreasi. Jadi jangan takut atau khawatir pemerintah akan terus hadir untuk seluruh masyarakat,” kata Walikota. 

Lebih lanjut Walikota mengimbau, seluruh Satuan dan Unit Kerja Perangkat Daerah (SKPD/UKPD) di Jakarta Timur bersama stakeholder untuk terus melibatkan peran serta disabilitas dalam segala kegiatan. Menurutnya, komitmen dalam pemenuhan hak bagi disabilitas merupakan bagian terpenting dari perolehan prestasi yang diraih Pemerintah Kota Jakarta Timur sebagai Kota Layak Anak dan Kota Layak Pemuda kategori utama, dan peraihan penghargaan Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM). 

“Kembali lagi saya tegaskan bahwa mereka memiliki hak yang sama. Tadi juga kita lihat beragam hasil kerajinan yang telah dilakukan mereka. Cukup baik dan memberikan pesan semangat dari potensi yang dimiliki,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Yayasan SLB B-C Yayasan Bina Karya Insani Kelurahan Pondok Bambu, Edi Suwito, mengaku senang kehadiran Walikota dalam helatan semarak disabilitas sebagai rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023. Diakuinya, kehadiranya itu bagian dari motivasi bagi peserta didiknya untuk terus mandiri dan berkreasi.

”Terima kasih banyak Pak Wali ini bagian motivasi untuk kami dalam terus berkarya,” ungkapnya. (AJ)