100 Perwakilan Parpol Ikuti Sosialisasi Peningkatan Kemitraan Pemerintah Daerah

Jakarta Timur, (15/12/2023) - Sebanyak 100 orang perwakilan dari 18 partai politik mengikuti kegiatan Peningkatan Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Partai Politik di Ruang Pola Lantai 2 Gedung Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (25/12/2023). 

Kegiatan yang diselenggarakan Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Timur dibuka langsung Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah.
Wakil Walikota menjelaskan, saat ini merupakan tahapan kampanye Pemilu yang dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kegiatan ini menjadi sarana untuk merebut suara rakyat terutama untuk pemilihan bagi pemimpin yang menduduki jabatan di lembaga eksekutif dan legislatif. 

“Oleh karena itu, kegiatan hari ini yang juga merupakan bagian dari pendidikan politik bagi partai politik itu sendiri sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2010 tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik, yang diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi Partai Politik untuk dapat meningkatkan peran dan fungsi kader serta Lembaga Partai Politik dalam mewujudkan Sukses Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Kota Administrasi Jakarta Timur,” kata Wakil Walikota.

Wakil Walikota menjelaskan pentingnya peningkatan kemitraan pemerintah daerah dengan partai politik”, yang memiliki nilai yang penting dan strategis untuk dilaksanakan. Mengingat keberhasilan pembangunan di wilayah dalam mewujudkan kesejahteran masyarakat di Provinsi DKI Jakarta pada umumnya, serta Kota Administrasi Jakarta Timur pada khususnya. 

“Adanya sinergitas yang diimplementasikan melalui kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan yang ada, termasuk partai politik di dalamnya. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur untuk senantiasa menjaga bahkan meningkatkan sinergitas tersebut sebagai bagian dari strategi kita bersama menuju Sukses Jakarta, Untuk Indonesia,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko Murhestriarso, menjelaskan diselenggarakan kegiatan dalam rangka meningkatkan kemitraan dan kerja sama positif serta komunikasi yang efektif antara Pemerintah Daerah dengan Partai Politik. Sekaligus memantapkan komitmen dan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat, khususnya kader partai politik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan kehidupan demokrasi yang dilandasi komitmen bersama dalam bingkai semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Tujuan kegiatan ini untuk terwujudnya sinergitas antara Pemerintah Kota Administrasi  Jakarta Timur dan pengurus partai politik guna mewujudkan akselerasi pembangunan serta penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Administrasi Jakarta Timur,” ujarnya. (JS)