Pemkot Jakarta Timur Minta Anak PAUD Diperkenalkan Urban Farming

Jakarta Timur, (29/12/2023) -  Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau sekaligus melakukan panen hasil urban farming, di Malaka Sari Edu Farm, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (29/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Walikota menilai, Malaka Sari Edu Farm menjadi contoh urban farming yang baik dan benar. Karena itu, ia berharap pengelola Malaka Sari Edu Farm dapat memberikan edukasi kepada masyarakat hingga anak-anak di Pendidikan Usia Dini (PAUD).  

Untuk melaksanakan hal itu, ia meminta kepada jajaran di wilayah Kecamatan Duren Sawit agar mengajak para murid PAUD dapat melakukan pembelajaran tambahan tentang urban farming yang bisa dikenalkan sejak dini.

“Ini salah satu upaya, kita kalau mau berupaya enggak bisa di tengah jalan, tapi dari awal. Apapun membangun perilaku dari mulai sejak PAUD, PAUD itu mereka mindset (pola pikirnya) masih bersih, masih muda dimasuki hal-hal yang lebih baik seperti urban farming dan sebagainya, ketika mereka mencintai, mereka akan menata lingkungan sendiri ketika mereka bertambah usia berikutnya,” katanya.

Hal senada diungkapkan Haryati, Ketua Kelompok Wanita Tani D’Shafa. Ia menyebutkan, nantinya Malaka Sari Edu Farm akan mengajak anak-anak usia dini hingga remaja untuk mempelajari tentang urban farming guna menciptakan lingkungan dan ketahanan pangan yang baik.  Malaka Sari Edu Farm sendiri sudah berjalan dua bulan, dan sudah menggelar panen kangkung dan pakcoy, masing-masing seberat 25 kilogram. 

“Kalau area Malaka Sari Edu Farm ini sudah berjalan 2 bulan, di sinilah kita mendapatkan tempat yang diberikan oleh Kelurahan Malaka Sari didukung oleh walikota dan kecamatan. Alhamdulillah kami mempunyai tempat edukasi untuk anak-anak dan juga mahasiswa yang akan magang di sini dan masyarakat juga kita akan melayani,” ungkapnya. (AD)