Wakil Walikota Hadiri Apel Pengamanan Malam Pergantian Tahun di TMII

Jakarta Timur, (31/12/2023) - Sebanyak 650 personel gabungan melaksanakan kegiatan apel kesiapan pengamanan malam tahun baru 2023 - 2024 dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Jaya 2023. 

Petugas yang mengikuti apel terdiri dari Polres Metro Jakarta Timur, Kodim 0505 Jakarta Timur, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Satpol PP, dan FKDM. 

Kegiatan dihadiri Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Muthmainnah, Dandim 0505 Jakarta Letkol Arm Suyikno, Camat Cipayung Panangaran Ritonga dan para Lurah se-Kecamatan Cipayung. 

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombespol, Leonardus Simarmata, mengatakan pelaksanaan apel serentak dilakukan di empat titik pertama di Taman Mini, Kanal Banjir Timur (KBT), Old Shanghai dan AEON Mall. 

"Keempat lokasi ini pusat berkumpulnya masa pada saat malam pergantian tahun. Kita serentak melaksanakan pengamanan malam tahun baru di sini Selain itu ada juga pengamanan di gereja yang melaksanakan kebaktian malam tahun baru," jelasnya. 

Ia menambahkan, dari 200 gereja hanya 70-80 yang melaksanakan kebaktian. "Ada 13 gereja besar jumlah jemaatnya 1000 sampai 2000 atau 3000 sehingga perlu dilakukan sterilisasi dan pengamanan," imbuhnya. 

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombespol, Leonardus Simarmata, menambahkan dari pengamanan gereja dan empat titik utama pos pengamanan, jumlah pengamanan terbesar berada di Jakarta Timur karena perkiraan massa mencapai 15 ribu sampai 20 ribu pengunjung. 

"Kami berharap pergantian malam tahun baru di Jakarta Timur berjalan aman lancar dan kita antisipasi adalah kemacetan ini sudah dilakukan sosialisasi di masyarakat. Untuk pengamanan di gereja yang melaksanakan ibadah malam tahun baru kita amankan sampai steril jemaat selesai baru kita tinggalkan lokasi pengamanan. Kami juga mengimbau untuk masyarakat agar tidak menyalakan petasan atau bahan lain yang menimbulkan ledakan dan memicu suasana tidak nyaman kemudian tidak ada arak-arakan konvoi karena pasti akan menimbulkan kemacetan karena masyarakat antusias untuk keluar juga jaga keselamatan pribadi bagi pengendara roda dua atau empat," tutupnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Muthmainnah, menjelaskan secara umum, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersinergi dengan Forkopimko Jakarta Timur dalam pengamanan malam pergantian tahun baru. 

"Kegiatan diawali apek yang dilakukan serentak apel di tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di 10 Kecamatan. Tadi setelah apel kami bersama Kapolres Jaktim dan Dandim 0505 Jaktim melakukan monitoring suasana menjelang pergantian malam tahun baru di TMII yang merupakan salah satu pusat keramaian di wilayah Jakarta Timur. Insyaallah dengan sinergitas yang baik ini di malam pergantian tahun baru di Jakarta Timur berjalan lancar, aman dan Kondusif," tutupnya. (JS)