Cegah Genangan dan Banjir, Kelurahan Balimester Ajak Warga Jaga Kebersihan

Jakarta Timur, (2/1/2024) - Pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Balimester melalukan pembersihan sampah di saluran air di beberapa RT di Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (2/1/2023). Lokasi pembersihan berada di RT 006 RW 02, lalu RT 005, RT 011 RW 04, pembersihan juga dilakukan di RT 005, RT 010, RT 012 RW 05 Kelurahan Balimester.

Lurah Balimester, Nugroho Maduning Bawono, menjelaskan pembersihan saluran tersebut merupakan upayanya bersama jajaran dalam mencegah dan antisipasi genangan atau banjir ketika hujan. Dengan pembersihan tersebut, nantinya saluran-saluran tersebut akan berfungsi dengan baik dalam mengatur volume air.

“Tindak lanjut dilakukan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi luapan air akibat tersumbatnya aliran air yang disebabkan oleh sampah dan tumpukan puing,” ujar Nugroho.

Ia mengimbau kepada masyarakat, untuk ikut memperhatikan kebersihan lingkungan khususnya pada saluran air, karena jika kebersihan tidak dijaga bersama dampaknya akan merugikan lingkungan seperti banjir.

“Saya berharap warga-warga di sini juga ikut gotong royong dalam menjaga kebersihan seperti pada saluran air, karena kalau tidak kita jaga kebersihannya berdampak kepada lingkungan kita juga, seperti saluranya tersumbat atau lainnya yang dapat menyebabkan banjir,” jelasnya. (AD)