Universitas Siber Indonesia dan Pengelola RPTRA Payung Tunas Teratai Gelar Pelatihan Game Edukatif untuk Anak

Jakarta Timur, (20/1/2024) - Sebanyak 20 anak usia 12 sampai 15 tahun,  warga Kelurahan Cipayung, mengikuti kegiatan pelatihan game edukatif di Aula RPTRA Payung Tunas Teratai, Kelurahan Cipayung. Acara digelar dua hari, Sabtu-Minggu, 20-21 Januari 2024. 

Kegiatan menghadirkan narasumber, Dwipo Setiantoro yang membahas Pentingnya Berfikir Logis Usia Dini, lalu Michael Sitorus tentang Pengenalan Teknologi Games dan Satya Arisena Hendrawa. Plt Kasi Kesra Kelurahan Cipayung, Elisabeth Ririh Ariyani, menjelaskan pelatihan yang mengangkat tema 'Pengabdian Masyarakat: Tumbuh Kreatif Bersama Teknologi", fokus pada pembuatan game edukatif untuk anak-anak sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

"Game yang dihasilkan akan dipresentasikan (hari kedua). Hari pertama mencakup materi dasar dan praktik awal dalam pembuatan game," katanya. 

Pelatihan merupakan bentuk kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Siber Indonesia dan Kelurahan Cipayung (RPTRA Paying Tunas Teratai). "MoU ini bertujuan untuk mengatur kerjasama antara Universitas Siber Indonesia dan Kelurahan Cipayung dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dukungan lainnya," jelas Pengelola RPTRA Payung Tunas Teratai, Ika Ayu.

Sementara itu, Rektor Universitas Siber Indonesia, Gunawan Witjaksono mengatakan tujuan kegiatan adalah meningkatkan potensi sumber daya yang dimiliki RPTRA Payung Tunas Teratai melalui program Tri Dharma Kampus Cyber.

"Terima kasih kepada Kelurahan Cipayung, kepala perpustakaan, pengelola RPTRA Payung Tunas Teratai, dan McDonald's atas kerjasama luar biasa dalam kegiatan hari ini. Kolaborasi ini menciptakan sinergi yang luar biasa antara dunia pendidikan, masyarakat, dan bisnis. Semoga kita terus bersama dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan inklusif," ungkapnya. 

Di sisi lain, Aaron Jimmy (13), salah satu peserta mengaku menyukai kegiatan tersebut karena mendapatkan banyak pelajaran.

"Tadi bikin game edukatif benar-benar keren. Dari sini bisa belajar sambil bikin game sendiri, seru! Dan nambah skill," ucapnya. (JS)