Walikota dan Ketua PKK Jakarta Timur Panen Sayur di Urban Farming Cipayung

Jakarta Timur, (13/2/2024) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Timur, Diah Anwar, menghadiri panen sayur di lahan urban farming RPTRA Payung Tunas Teratai, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (13/2/2024). Sayuran yang dipanen berupa jagung ketan ungu, sawi, cabai, bawang, kangkung dan kacang tanah. 

Panen sayuran merupakan hasil kerjasama Satuan Pelaksana Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kecamatan Cipayung, Kelompok Tani (Poktan) dan PPSU Kelurahan Cipayung dan pengelola RPTRA Payung Tunas Teratai. Dalam kegiatan itu, Walikota hadir didampingi Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, Kasudin KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Cipayung Yulian Fathiniah, dan Kasatpel Sudin KPKP Kecamatan Cipayung Nur Hikmah.

Dalam kesempatan itu, Walikota mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta yang telah memfasilitasi urban farming di lahan seluas 1,4 hektare. Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP Jakarta Timur dan Satpel KPKP Kecamatan Cipayung yang membantu bibit serta pengelolaan sayuran di tempat ini.

“Alhamdulillah, menurut ibu Lurah Cipayung, lahan di sini menjadi tempat edukasi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk berinteraksi dengan alam, dan melihat urban farming yang sudah dilakukan. Selain panen, tadi ada penanaman yang insyaallah, 2-3 bulan akan bisa dipanen. Melihat padi di sini seperti berada di luar Jakarta,” kata Walikota. 

Menurutnya, urban farming selain membantu edukasi ke warga, juga untuk ketahanan pangan dan menekan inflasi di Jakarta Timur. Ia juga berharap langkah ini diikuti warga untuk melakukan urban farming di lingkungannya. 

“Setelah dengan adanya urban farming yang dilakukan di sini, warga bisa tergerak hatinya dan teredukasi untuk bisa melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Dengan apa yang sudah dilakukan di sini, dan semua warga Jakarta Timur bisa melakukan hal yang sama, sehingga lahan yang kosong yang tadinya tidak bermanfaat bisa dijadikan penghijauan dan urban farming yang bermanfaat untuk warga sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Jakarta Timur, Diah Anwar, menjelaskan para kader PKK Jakarta Timur selalu semangat untuk melakukan urban farming dan pemberdayaan masyarakat. Apalagi kegiatan didukung Walikota, jajaran camat dan lurah di seluruh wilayah Jakarta Timur. 

“Tadi panen sayuran hasil urban farming di Kelurahan Cipayung, bersama kader PKK Kecamatan Cipayung, PKK Kelurahan Cipayung, Kader Dasawisma, Kader Jumantik, Pengelola RPTRA Payung Tunas Teratai, dan bersama pengurus RW 03 Kelurahan Cipayung. Didukung juga Satpel Sudin KPKP Kecamatan Cipayung, Satpel Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Cipayung, yang bekerjasama dengan PKK untuk melakukan penataan urban farming sehingga lahan ini menjadi lebih menarik,” jelasnya. 

Diah menambahkan, selain penanaman cabai dan bawang, PKK Jakarta Timur akan berinovasi melakukan penanaman ubi di dalam karung dan budidaya papaya california, bawang bombay dan jamur. 

“Kami yakin berkat kerjasama yang baik bersama para Organisasi Perangkat Daerah di wilayah Jakarta Timur serta semangat yang diberikan oleh ibu Pj (Penjabat) Ketua PKK Provinsi DKI Jakarta kami yakin urban farming di Jakarta Timur menjadi lebih baik dan berhasil,” tutupnya. (JS)