Matraman Bersholawat dan Al Muchtar Juara Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta

Jakarta Timur, (1/4/2024) – Dua wakil Jakarta Timur, grup Matraman Bersholawat dari Matraman dan Al Mukhtar dari Kecamatan Kramat Jati meraih juara pertama dan kedua pada Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang digelar di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Matraman Bersholawat dari Matraman dan Al Mukhtar sukses membawa gelar setelah tampil bersama 16 grup lainnya dari enam wilayah di DKI Jakarta. Sukses kedua grup membuat Jakarta Timur sukses mempertahankan juara umum tingkat Provinsi DKI Jakarta setelah sebelumnya menorehkan prestasi yang sama pada 2017-2019, sebelum akhirnya festival terhenti saat pandemi Covid-19.

“Alhamdulilah, Jakarta Timur meraih juara 1 (Grup Matraman Bersholawat - Kecamatan Matraman) dan juara 2 (Grup Al Mukhtar - Kecamatan Kramat Jati) menjadi yang terbaik dalam Festival Bedug Provinsi DKI Jakarta,” kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta, Berkah Shadaya, kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Senin (1/4/2024).

Sebelum mewakili Jakarta Timur, kedua grup juga menorehkan sukses di tingkat kota. Matraman Bersholawat juara ketiga, sementara Al Mukhtar juara pertama.

“Rasa bahagia diutarakan para grup perwakilan Jakarta Timur juga keluarga besar Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur. Persiapan ekstra membuat penampilan para peserta dalam festival bedug menjadi lebih baik dan memukau di tingkat Provinsi DKI Jakarta sehingga Jakarta Timur meraih juara satu dan dua di Tingkat Provinsi DKI Jakarta,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Berkah Shadaya, juga mengungkapkan apresiasi atas usaha Balai Nusantara, wakil Cipayung yang gagal membawa pulang gelar.

“Tetap semangat untuk grup Balai Nusantara Cipayung. Semoga di tahun berikutnya semua perwakilan Jakarta Timur bisa mendapat gelar juara.  Semoga Festival Bedug ini bisa menjadi agenda rutin untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi masyarakat untuk membangkitkan bakat, kreativitas serta dapat melestarikan dan mengembangkan seni nuansa Islami," tutupnya. (JS)