Peringati Hardiknas, Pemkot Jakarta Timur Beri Penghargaan Guru dan Siswa Berprestasi

Jakarta Timur, (2/5/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (2/5/2024).

Kegiatan diwarnai pemberian sembilan penghargaan kepada 8 siswa-siswi dan satu guru berprestasi di Jakarta Timur. Penghargaan berupa piagam sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur atas prestasi mereka.

“Kita memberikan apresiasi kepada mereka, mereka adalah pejuang-pejuang di bidang pendidikan, olahraga, sains (ilmu pengetahuan), dan sebagainya. Kami sebagai Pemerintah Kota mengapresiasi, memberikan motivasi dengan memberikan piagam, agar mereka termotivasi terus, ingin belajar dan belajar, dan mereka merasa kurang agar mereka selalu mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada, karena kita dari DKI Jakarta akan berpindah ke IKN (Ibu Kota Nusantara), tentunya kita akan menjadi kota global, global city itu mempersiapkan SDM yang canggih, yang baik, yang berkualitas,” jelas Walikota.

Sementara itu, Walikota menjelaskan, upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional digelar bertujuan mengenang lahirnya pendidikan di Republik Indonesia. Dengan mengangkat tema, ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’, diharapkan program di bidang pendidikan guna memajukan Bangsa Indonesia dengan melahirkan anak-anak bangsa yang berkualitas terus berlanjut.

Walikota lebih lanjut menjelaskan, beralihnya kembali metode belajar dari jaringan teknologi (daring) ke kembali ke tatap muka pasca pandemi Covid 19 tak mengubah apapun, diharapkan merdeka belajar terus berjalan dengan baik.

“Tentunya pandemi ini membawa pembelajaran yang berharga buat kita semua, artinya dengan merdeka belajar, di mana pun kita bisa belajar baik secara langsung maupun secara virtual,” ujarnya.

Peraih penghargaan, Nadia Salma Zhafira, kelas XI SMA N Unggulan MH. Thamrin, yang sukses meraih Gold Award pada Euler Mathematical Olympiad (EMO) 2024 tingkat internasional dan Science Association of Indonesia (SAID) tingkat Nasional tahun 2024, menyampaikan rasa bangganya menjuarai EMO yang mewakili Indonesia. Ia berharap ke depannya akan mendapat yang lebih baik lagi dan ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi Indonesia. Ia pun mangajak para siswa-siswi Indonesia untuk tetap semangat belajar demi meraih masa depan dan memajukan Indonesia.

“Kebanggan bagi saya bisa memenangi juara Euler Mathematical Olimpiad (EMO), Olimpiade tingkat internasional bidang matematika ini mewakili Indonesia. Saya harap ke depannya saya dapat lebih baik lagi, ilmu yang saya dapatkanya bisa berkah dan bermanfaat bagi Indonesia ke depannya. Untuk teman-teman siswa di Indonesia, semangat terus belajarnya,” ungkapnya.

Sebagai informasi berikut para peraih penghargaan Hari Pendidikan Nasional 2024

  1. Nadia Salma Zhafira dari SMAN MH. Thamrin (Juara 1 Euler Mathematical Olympiad)
  2. Abdullah Hafiz dari SMAN MH. Thamrin (Juara 1 Hongkong International Science Olympiad)
  3. Muhammad Adjie Dharma Putra dari  SMPN 91 Jakarta (Juara 1 Bali Taekwondo International Championship 2023)
  4. Banyu Bhisaka Batarasresta dari SDN Rawamangun 12 Pagi (Juara 1 Bali Taekwondo Internasional Championshihp 2023)
  5. Syakira Basalama dari SMAN MH. Thamrin (Juara 2 Euler Mathematical Olympiad)
  6. Febrian Jovas Nararya dari SMPN 109 Jakarta (Juara 3 Turnamen Sepakbola, Kategori Boys U-12 World Youth Cup, Gothia Cup 2023 Swedia)
  7. Aslam Rehan Saptotriono dari SMK Negeri 46 Jakarta (Juara 1 Olimpiade Nasional Sains dan Bahasa, Bidang Fisika)
  8. Rendi Wicokro dari SMK Negeri 69 Jakarta (Juara 1 Quartal Science Olympiad Tingkat Nasional)
  9. Guru berprestasi diraih Nur Rahmah Cahyani dari SDN Balimester 1 (Juara 2 Olimpiade IImu Pengatahuan Alam guru SD tingkat nasional). (AD)