Sambut Tim Penilai UKS/M Kota Jaktim, SDN 01 Rawa Terate Raih Predikat Paripurna

Jakarta Timur, (30/5/2024) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Tim Penilai Sekolah Sehat melakukan penilaian terhadap pembinaan dan peningkatan stratifikasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)/Madrasah di SDN 01 Rawa Terate, Jalan Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Kamis (29/5/2024).

Kegiatan dipimpin Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur, Achmad Salahuddin. Ia berharap penilaian UKS/M dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan prestasi pelajar peserta didik dalam hidup bersih dan sehat.

“Dari hasil tilik dari beberapa tim menyepakati, SDN 01 Rawa Terate masuk nominasi predikat Paripurna,” kata Achmad.

Nominasi kelayakan predikat Paripurna Usaha Kesehatan Sekolah diukur dengan berbagai tampilan, melingkupi beragam inovasi dan keterlibatan aktif siswa yang terus diterapkan dalam implementasinya. Di antaranya seperti penghijauan dan budidaya kolam gizi meliputi tanaman hias, toga hingga sayuran.

Di sisi lain, kebersihan lingkungan terjaga, kantin yang sehat, serta pengelolaan bank sampah secara terpadu, sadar, berencana terarah dan bertanggung jawab.

“Pemanfaatan dan pembinaan terhadap siswa cukup baik, tadi kami terkagum dari penjelasan siswa yang menjadi dokter cilik juga Poktan (Kelompok Tani). Ini bukan menjadi akhir dari kebanggaan tapi awal kesuksesan,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SDN 01 Rawa Terate, Endang Puspitowati, mengakui bangga dan mengucapkan rasa syukur akan peraihan gelar predikat Paripurna UKS/M Kota Jakarta Timur. Menurutnya, ini hasil kerjasama seluruh jajaran hingga komite sekolah yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, kita bersyukur dan bangga, ini capaian hasil dari penantian namun ini bukan akhir, ini awal, harapan kita yaitu Adiwiyata,” ungkapnya. (AJ)