Warga Banjiri Festival Hajat Bumi Kramat Ganceng

Jakarta Timur, (27/6/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, menghadiri Festival Budaya Hajat Bumi Kramat Ganceng, di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (27/6/2024). Ratusan warga membanjiri tradisi turun temurun yang diselenggarakan selama dua hari, 27-28 Juni 2024. 

Kegiatan Hajat Bumi Kramat Ganceng merupakan tradisi masyarakat Pondok Ranggon, gabungan antara budaya Betawi dengan budaya Sunda, yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Hajat Bumi Kramat Ganceng diwarnai bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat yang menjual aneka makanan, minuman, aksesoris, fesyen, serta mainan anak-anak. 

Hadir dilokasi, Wakil Walikota langsung disambut dengan pengalungan cukin. Kegiatan juga dihadiri Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Plt Sekretaris Camat Cipayung Nur Hilal, Lurah Pondok Ranggon Jenuri, Ketua PKK Kecamatan Cipayung Zakiyah Ritonga, dan Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto.

“Saya melihat antusias warga masyarakat hadir ke acara ini, menunjukkan suksesnya sebuah acara. Jadi ada tiga pesan makna perhelatan kegiatan Hajat Bumi Kramat Ganceng,” kata Wakil Walikota. 

Ia menjelaskan, makna pertama yakni bersyukur karena Allah SWT memberikan rejeki, kehidupan, keberkahan. Kedua, Hajat Bumi Kramat Ganceng sebagai tradisi dengan nilai-nilai yang diwariskan, terutama untuk menghargai orang tua, menghargai para leluhur menyelenggarakan kegiatan tradisi turun temurun.

“Ini yang harus dilakukan anak muda bisa mencontoh bagaimana harus menghargai orang tua, dan pesan yang terakhir adanya kegiatan ini ajang silaturahmi, karena kesibukan jarang bertemu dan adanya hajat bumi Kramat Ganceng seluruh negara bisa bertemu di sini. Saya atas nama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah mensukseskan acara ini,” tutupnya. 

Pembukaan kegiatan diwarnai pemberian santunan secara simbolis anak yatim dan dhuafa. (JS)