Warga Bersyukur dengan Banyaknya Dibangun Waduk Atasi Banjir di Cipayung

Jakarta Timur, (5/7/2024) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan pembangunan Waduk Koco di wilayah RW 04 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2024). Waduk Koco yang memiliki luas 2.934,72 meter per segi dibangun untuk mengatasi genangan di Perumahan Setu Indah. 

Hal itu disampaikan Walikota yang melakukan monitoring bersama Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Setu Dwi Widiastuti, Kepala Seksi Ekbang Kelurahan Setu Masih, dan Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto.
“Waduk Koco untuk mengatasi genangan di Perumahan Setu Indah, saat hujan deras terjadi genangan. Semoga dengan adanya Waduk Koco ini dapat mengatasi permasalahan genangan di Setu Indah,” kata Walikota. 

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kecamatan Cipayung, karena kondisi tanah Waduk Koco ada di atas dan di bawah perumahan warga, untuk antisipasi jika hujan tinggi dan air genang, maka air bisa langsung disedot dibuang ke waduk. 

"Pembangunan waduk masih berjalan, belum selesai, saya kira 2-3 bulan baru selesai pembangunan waduk dan diperkiraan kelanjutannya dipercantik seperti ditambah jogging track dan yang lainnya. Selain sebagai tempat penampungan air atau pengendali banjir juga sebagai tempat interaksi warga masyarakat, serta adanya waduk warga sekitar di saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan," tutupnya. 

Sementara itu, Ketua RW 04, Herman Maukar, menyampaikan terimakasih atas upaya pemerintah, dahulu apabila intensitas hujan tinggi terjadi genangan di 4 RT yaitu RT 05, 06, 07 dan 08, setinggi 1 meter di pemukiman warga kini sudah berkuramg jauh karena banyaknya pembangunan waduk di wilayah Cipayung. 

"Terima kasih sejak ada Waduk Koco dan waduk yang lain sudah jauh mengurangi genangan di pemukiman warga khususnya di RW 04 Kelurahan Setu," ucapnya. (JS)