Jumat Menanam, 150 Pohon Ditanam Hijaukan Waduk Batuk Bangkong Cipayung

Jakarta Timur, (12/7/2024) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melengkapi pembangunan Waduk Batu Bangkong dengan penghijauan. Sebanyak 150 pohon ditanam di area waduk, Jalan Masjid 3 RT 06 RW 06 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (12/7/2024).

Penanaman dipimpin langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar. Kegiatan juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fauzi, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Cipayung Yulian Fathiniah dan pejabat terkait lainnya. 

Walikota menjelaskan, penanaman merupakan agenda Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Jakarta Timur, ‘Jumat Menanam’, yang dilakukan setiap Jumat tiap pekannya di wilayah Jakarta Timur. Penanaman pohon sejalan dengan program penghijauan yang digalakkan Pemprov DKI Jakarta. Apalagi wilayah Jakarta Timur masih memiliki banyak lahan kosong yang bisa jadi sasaran Program Penghijauan, contohnya seperti di Waduk Batu Bangkong 1 dan 2. 

Penanaman melibatkan unsur lintas sektor mulai dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian, Sudin Sumber  Daya Air (SDA) dan unsur terkait lainnya. Pembangunan waduk dilakukan untuk pengendalian banjir di wilayah sekitar Kelurahan Cipayung.

“Waduk ini awalnya kurang berfungsi sehingga air menggenangi pemukiman warga. Karena itu, dilakukan pembangunan waduk agar tidak ada lagi genangan di pemukiman warga,” katanya.

Selain pengendalian banjir, Walikota menambahkan, area waduk akan dibuat sebagai destinasi wisata dan tempat interaksi warga. 

“Selain penanaman pohon, di lokasi ini juga akan dibuatkan area jogging track agar warga bisa berolahraga setiap saat. Supaya terlihat alami maka turap waduk dibiarkan alami, tidak menggunakan batu kali atau site pile,” ungkapnya.

Sementara itu, Kelapa Suku Dinas Tahmut Jakarta Timur, Djauhar Arifin, menjelaskan 150 jenis tanaman untuk penghijauan merupakan kiriman dari Kebun Bibit Dinas Tamhut DKI dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. Dari total tanaman yang ditanam, jenis pohon terdiri dari tabebuya kuning 27 pohon, buttercup (15), spathodea (5), pulai (3), jambu Jamaica (50) dan mangga (50). 

"Di area Waduk Batu Bangkong ini lahannya sangat luas, sehingga masih memungkinkan untuk dilakukan penanaman pohon kembali ke depannya,” ujar Djauhar. (JS)