Pembangunan Waduk Batu Bangkong 1 & 2 Capai 80 Persen

Jakarta Timur, (16/7/2024) – Pembangunan Waduk Batu Bangkong 1 dan 2, yang berlokasi di RW 03 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, sudah mencapai 80 persen. Penegasan ini diungkapkan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, dalam peninjauan, Selasa (16/7/2024).

“Dari peninjauan pada hari ini, perkembangan pembangunan Waduk Batu Bangkong 1 dan 2 sudah mencapai 80 persen selesai. Tinggal penambahan fasilitas seperti jogging track dan penghijauan agar terlihat lebih indah,” jelasnya.

Walikota menjelaskan, waduk dibangun tak hanya sebagai pengendali banjir di wilayah tersebut. Banyak manfaat yang bisa dirasakan warga dengan adanya waduk tersebut.

“Jadi waduk ini dibangun untuk pengendali banjir, sebagai cadangan air di musim kemarau sehingga tidak terjadi kekeringan,” katanya.

Selain pembangunan waduk, penghijauan di area sekitarnya akan membantu waduk terlihat lebih asri dan sejuk. Wilayah sekitar waduk juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana interaksi warga atau destinasi wisata bagi warga sekitarnya.

“Tadi informasi dari pak RW di sini sudah banyak warga setiap pagi maupun sore hadir melihat dan datang di waduk ini. Semoga ke depannya waduk ini bisa banyak manfaat untuk warga masyarakat sekitar," jelasnya.

Di akhir peninjauan, Walikota berpesan, warga ikut menjaga kelestarian dan kebersihan area sekitar Waduk Batu Bangkong 1 dan 2.

“Saya juga menyampaikan dan memberi saran kepada Sudin SDA (Suku Dinas Sumber Daya Air) Jakarta Timur agar dibuatkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) agar menjaga kebersihan air di waduk ini,” tandasnya. (JS)