Pemprov DKI Jakarta Promosikan Pengelolaan Sampah Melalui Festival Cilung di KBT Duren Sawit

Jakarta Timur, (27/7/2024) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melalui Unit Penanganan Sampah Badan Air (UPS BA) menggelar Festival Cinta Lingkungan (Cilung) 2024, Sabtu (27/7/2024). 

Festival dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto dan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Fauzi. 

Festival diikuti 32 perahu, perwakilan 32 kecamatan di DKI Jakarta. Perahu-perahu yang terbuat dari limbah rumah tangga di antaranya berupa botol bekas, dipamerkan dalam parade di Taman United Tractors Ahemce Aliran Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Festival Cilung 2024 diselenggarakan dalam rangka memperingati serta memeriahkan Hari Sungai Nasional, sekaligus mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan sungai untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Tujuan lainnya untuk mempromosikan pengelolaan sampah yang efektif kepada masyarakat dengan prinsip 'Kurangi, Pilah, Olah' (Kupilah). 

"Kami ingin masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, terutama kebersihan sungai yang menjadi sumber kehidupan," kata Asep Kuswanto dalam sambutannya. 

Dijelaskan Asep, acara itu diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus mengurangi sampah dari sumbernya dan mendukung program pengurangan sampah yang ditargetkan sebesar 28 persen pada 2024 dan 30 persen pada 2025. 

Sementara itu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Fauzi, mengapresiasi langkah Dinas LH Provinsi DKI dalam pemanfaatan sampah mulai dari memilah menjadi suatu manfaat yang unik hingga bermanfaat besar keberlangsungan hidup. 

"Diharapkan, festival ini dapat menjadi ajang edukasi yang efektif dan mendorong partisipasi aktif semua elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai. Acara ini tidak hanya momentum yang dapat dinikmati, tapi mengedukasi peningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai di Jakarta," imbuhnya . 

Ratna, warga Kelurahan Klender, mengaku senang bisa menyaksikan festival Cilung. Bahkan dirinya sempat diberikan kesempatan untuk menaiki perahu buatan UPS Badan Air. 

"Luar biasa, jadi terhibur, dan ini penting untuk kebersihan lingkungan," cetusnya. (AJ)