Pemkot Jakarta Timur Sosialisasikan Distrubusi dan Pendayagunaan ZIS untuk UMKM

Jakarta Timur, (3/10/2024) – Asisten Administrasi dan Kesejaheteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin, membuka Sosialisasi Program Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bazis Jakarta Timur, di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sosialisasi rutin yang dilakukan tiap tahun ditujukan untuk jajaran kelurahan dan kecamatan guna manyampaikan ke masyarakat terkait zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang telah disalurkan dari masyarakat akan kembali ke masyarakat yang membutuhkan. Bantuan itu seperti masyarakat kurang mampu, bedah rumah, bantuan untuk masyarakat yang mengalami musibah, santunan anak yatim yang rutin dilaksnakan setiap minggunya, hingga bantuan untuk para pelaka Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dari beberapa pendistribusian ZIS, ini ke mana saja dan bantuannya untuk apa. Untuk hari ini memang diarahkan pada usaha produktif (UMKM), karena memang untuk alokasi pendistribusian macam-macam untuk pendidikan, ekonomi, santunan, sosial, dan sebagainya termasuk usaha produktif. Ini disampaikan kepada pejabat kecamatan dan kelurahan sehingga nanti bisa disampaikan ke masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Bantuan untuk para pelaku UMKM nantinya berbentuk modal dan sebagainya, agar para pelaku UMKM di Jakarta Timur dapat menggerakkan perekonomian masayarakat. Dalam kesempatan itu, Salahudin berharap nantinya pendistribusian dana ZIS untuk ke masyarakat dapat dipercepat agar masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan manfaat pengumpulan ZIS yang melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta.

“Kepada tingkat Provinsi agar prosedurnya jangan terlalu lama, sehingga banyak masyarakat memohon dan sebagainya, sehingga permohonan dari wilayah khususnya, Jakarta Timur agar bisa diakomodir dengan cepat,” tandasnya. (AD)