Sekko Jaktim Pimpin Pembongkaran Bangunan Liar di Bantaran Kali Sodong

Sekretaris Kota Jakarta Timur M. Anwar memimpin kerja bakti bersama warga di RW 11 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Minggu (8/2). Ikut dalam kerja bakti ini, Camat Pulogadung A. Hariadi, Lurah Cipinang Mintarsih dan para pejabat lainnya.

Pada kegiatan kerja bakti ini, warga secara gotong royong membongkar bangunan liar, diantaranya 25 lapak kandang burung dara yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Sodong, Jl. Al Mujahidin. Keberadaan kandang burung ini sendiri sudah lama dikeluhkan warga, karena selain membuah kumuh juga dikhawatirkan dapat menyebarkan penyakit flu burung.

Anwar pun langsung memerintahkan aparat Satpol PP yang ikut dalam aksi kebersihan, membongkar kandang burung yang berdiri sepanjang bantaran kali. Dirinya pun meminta agar lahan yang telah dibebaskan, ditanami pepohonan agar tidak kembali dimanfaatkan kembali oleh warga untuk mendirikan kandang burung.

“Kandang-kandang burung tersebut harus dibongkar, jangan sampai semakin banyak. Selain mengganggu keindahan lingkungan, dapat berdampak pada kesehatan warga dari kemungkinan penyakit flu burung,” paparnya.

Anwar mengatakan, kegiatan kerja bakti ini dilakukan secara serentak di setiap kelurahan di Jakarta Timur. Kegiatan yang melibatkan masyarakat ini dilakukan secara rutin setiap hari minggu pagi.

“Aksi bersih-bersih setiap minggu pagi ini diikuti para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur,” kata Anwar.
Menurutnya, aksi kebersihan ini dikonsentrasikan untuk membersihkan sampah yang ada di saluran-saluran air dan lingkungan tempat tinggal warga. Bangunan-bangunan liar yang ada di bantaran kali juga tidak luput dari sasaran aksi kebersihan.
Anwar mengatakan, upaya ini untuk mengantisipasi banjir di kawasan tersebut. “Sampah-sampah yang ada di saluran air dapat menghambat jalan air sehingga meluap ke pemukiman warga,” katanya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah dan mendirikan bangunan di sepanjang bantaran kali. Anwar pun meminta agar warga dapat menjaga dan ikut mengawasi lingkungan tempat tinggal mereka.

“Bila ada yang buang sampah ke kali atau mendirikan bangunan di bantaran kali,  tegor langsung. Jangan diem aja, karena yang rugi nanti masyarakat juga,” katanya.

Lurah Cipinang Mintarsih mengatakan, ada 25 kandang burung di sepanjang bantaran Kali Sodong yang dibongkar. Pihak kelurahan sendiri sebelumnya sudah memberikan pemberitahuan kepada para pemilik kandang burung untuk membongkar sendiri.

“Sebanyak 25 kandang burung yang dibongkar berdiri di sepanjang bantaran kali sepanjang 500 meter,” katanya.

Dalam aksi kerja bakti dan pembongkaran kandang burung di wilayah RW 11 menurut Mitarsih juga melibatkan 17 RW lainnya di wilayah Kelurahan Cipinang.  “Untuk lokasi bekas kandang burung langsung kita tanami pohon agar lingkungannya menjadi asri,” katanya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)