Walikota Jaktim Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Saat Safari Jumat

Walikota Jakarta Timur, Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, kembali melakukan kegiatan safari Jumat. Kali ini yang dikunjungi Masjid Darul Mukri di RT 014/ RW 11 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jumat (31/10).

Selain melakukan sholat Jumat bersama masyarakat, pada kesempatan ini Walikota juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid yang berasal dari BAZIS Jakarta Timur. Walikota berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memakmurkan masjid.

Walikota mengatakan, selama ini BAZIS Jakarta Timur selalu menyalurkan hasil pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS), baik itu berupa santunan untuk anak yatim piatu, beasiswa, maupun bantuan pembangunan masjid. Bantuan yang diberikan merupakan bentuk hasil amanah yang dipercayakan masyarakat kepada BAZIS Jakarta Timur dari hasil pengumpulan dana ZIS dari masyarakat.

“Di Jakarta Timur masjid sangat banyak sekali, tidak semua masjid pada tahun ini kita berikan bantuan pembangunan masjid. Dari data pengajuan bantuan pembangunan masjid, sudah disurvei sebelumnya masjid mana yang benar benar sedang melakukan pembangunan dan jika masjid tersebut belum pernah menerima bantuan dari BAZIS Jakarta Timur langsung kita berikan,” ujarnya.

Menurutnya, bagi masjid yang belum mendapatkan bantuan dana pembangunan dari Bazis Jakarta Timur bisa mengajukan kembali proposalnya ditahun depan, karena memang bantuan dana pembangunan masjid ini tidak semua masjid mendapatkannya semua bertahap karena tidak hanya masjid saja yang mendapatkan bantuan dari Bazis Jakarta Timur, ada santunan anak yatim, kaum duafa, beasiswa dan bantuan kepada korban bencana alam atau bencana kebakaran.

“Untuk itu saya berharap kepada warga masyarakat agar menyisihkan sebagian rejekinya untuk disalurkan ke BAZIS Jakarta Timur. Jika semakin banyak dana ZIS yang terserap maka akan semakin banyak juga bantuan yang kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Saat ini Jakarta Timur target pengumpulan dana ZIS cukup besar sekitar Rp 24 miliar dan itu harus kita capai target tersebut jika ingin lebih banyak lagi bantuan yang diberikan Bazis Jakarat Timur,” papar Krisdianto.

Krisdianto mengatakan, selain lembaga audit idependent yang memeriksa BAZIS Jakarta Timur, dirinya juga selalu mengecek apakah dana yang disalurkan sudah benar dan tepat sasaran, karena ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Sementara itu,  Ketua Masjid Darul Mukri, KH. Kurtubi, mengatakan, memang masjid sedang dalam tahap pembangunan dimana masjid ini akan berdiri tiga lantai, untuk lantai bawah untuk ruang aula masjid dan diatas akan digunakan untuk tempat shalat para jamaah.

“Kegiatan di Masjid Darul Mukri setiap hari Jumat setelah selesai sholat Jumat kita selalu mengundang anak yatim dari lingkungan sekitar untuk diberikan santunan yang dananya berasal dari santunan para warga sekitar, ada sebanyak 60 anak yatim yang kita berikan santunan setiap minggunya,” papar Kurtubi. (Idham/Kominfomas JT)