Walikota Jaktim Bersama Warga Bersihkan Kali Cipinang

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin kerja bakti membersihkan Kali Cipinang yang melintasi RW 04 Kelurahan Pekayon, Kecamata Pasar Rebo, Minggu pagi (8/3). Selain masyarakat setempat, aksi ini juga diikuti personil TNI dan Polri.

"Di RW 04 Kelurahan Pekayon, terdapat pemukiman warga yang berdekatan dengan Kali Cipinang yang selama ini sering terkena banjir,” ujarnya.

Menurunt Bambang, penyebab banjir dikarenakan Kali Cipinang mengalami pendangkalan, bahkan ruas kali hampir separuhnya tertutup sedimen yang diatasnya tumbuh pohon bamboo, bakan di tengah-tengah kali ada tumpukan sedimen yang menyerupai pulau.

"Sudin Tata Air nanti akan membantu membersihkan gundukan tanah yang menutup aliran Kali Cipinang, nanti akan dicoba dimasukan beko untuk pengerukan tanah," ujar Walikota.

Sementara itu, Kasudin Tata Air Jakarta Timur Yazid, mengatakan akan mencoba membawa masuk beko ke Kali Cipinang di RW 04 Kelurahan Pekayon ini. Mengingat jalan disekitar kali sempit, maka untuk memasukkan beko akan dicoba jalur alternatif lain.

"Kita akan keruk tanah yang menutupi Kali Cipinang ini, karena sudah setengahnya terutup sampah dan tanah,” ujarnya.

Menurutnya, Kali Cipinang di RW 04 Kelurahan Pekayon belum diturap, namun  baru hanya di keruk. Menurutnya  bagian  yang sudah diturab ada di RT 05/RW 01 Kelurahan Pekayon, Jl. Pulma RT 06/RW 07 Kelurahan Makasar dan di SDN Pinang Ranti 09. (Idham/Kominfomas JT)