Walikota Jaktim Masuk Gorong-Gorong Bersihkan Sampah

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana bersama warga RW 09 Kelurahan Pal Meriam, Kecamatan Matraman, gotong royong membersihkan sampah di saluran air yang ada kawasan tersebut, Minggu (29/3). Salah satu saluran air yang dibersihkan, berada di bawah Stasiun KA Pondok Jati yang menghubungkan wilayah Kelurahan Pisangan Baru dengan Pal Meriam.

“Warga harus rutin kerja bakti membersihkan lingkungannya, terutama saluran-saluran air agar saat hujan tidak menimbulkan banjir,” kata Walikota.

Walikota dalam aksi kebersihan ini turun langsung masuk ke gorong-gorong yang berada di bawah Stasiun Pondok Jati untuk membersihkan sampah dan sedimen yang telah menumpuk. Selama ini, sampah menyebabkan air tidak mengalir tidak lancar.

“Saluran ini bila tidak dibersihkan akan mengakibatkan jalannya air terhambat sehingga bila hujan deras, membuat perumahan warga di Kelurahan Pisangan Baru kebanjiran,” kata Walikota.

Kerja bakti juga dilakukan di sepanjang Jl. Bunga, masih di wilayah RW 09 Kelurahan Pal Meriam. Dalam aksi kerja bakti ini selain melibatkan masyarakat juga didukung petugas dari Sudin Kebersihan, Sudin Tata Air, Sudin Pertamanan dan Pemakaman, serta unit terkait lainnya.

Menurut Walikota, aksi kerja bakti membersihkan lingkungan seperti ini merupakan kegiatan rutin Pemkot Jakarta Timur setiap Minggu pagi. “Semua pejabat di tingkat kota hingga kelurahan turun bersama-sama dengan warga membersihkan lingkungan dari sampah,” ujarnya.

Dengan lingkungan terciptanya lingkungan yang bersih, juga diharapkan dapat menekan kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD). Menurut Walikota, korban meninggal akibat DBD di Jakarta Timur cukup tinggi, tercatat dari 6 korban meninggal akibat DBD di Provinsi DKI Jakarta, tiga diantaranya dari Jakarta Timur.

“Disamping membersihkan lingkungan aksi kerja bakti ini juga kesempatan yang baik Jakarta Timur untuk meraih Piala Adipura kembali,” ujarnya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)