Walikota Jaktim Pimpin Kerja Bakti Di Kampung Warung Jengkol

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin aksi kerja bakti untuk membersihkan puing-puing sisa bongkaran rumah warga yang menutupi Kali Petukangan, di Kampung Warung Jengkol, RW 02 Kelurahan Rawa Terate,   Kecamatan Cakung, Minggu (12/4). Sebelumnya pada minggu lalu, aparat Satpol PP menertibkan 61 bangunan liar yang ada disepanjang bantaran kali.

Dalam kegiatan kerja bakti ini, melibatkan warga setempat, petugas Sudin Kebersihan dan Sudin Tata Air Jakarta Timur. “Aksi kebersihan ini merupakan tindak lanjut dari penertiban bangunan yang dilakukan aparat terhadap warga yang tinggal di bantaran kali,” kata Walikota, disela-sela aksi kebersihan.

Walikota mengatakan, pembongkaran bangunan liar ini merupakan bagian dari program normalisasi kali dan sungai yang dilakukan pihaknya. Keberadaan bangunan liar di sepanjang Kali Petukangan sendiri sudah cukup lama, yaitu sekitar 33 tahun lalu.

“Warga sendiri yang meminta agar bangunan liar di sepanjang bantaran kali di RW 02 Kelurahan Rawa Terate ini ditertibkan. Bangunan yang umumnya kontrakan ini sudah berdiri cukup lama, sejak tahun 1982,” kata Bambang.

Menurutnya ada 71 bangunan yang berdiri di bantaran kali, sepanjang 800 meter. Namun menurutnya, baru 61 bangunan yang dibongkar petugas, sementara sisanya 10 bangunan ditunda karena para pemiliknya mengaku memiliki surat-surat.

“Dari 71 bangunan, ada 61 yang sudah ditertibkan. Yang 10 belum, karena mereka mengaku memiliki surat-surat. Tapi suratnya apa, nanti akan diteliti dulu,” kata Bambang.

Dalam waktu secepatnya, pihak Sudin Tata Air Jakarta Timur akan melakukan normalisasi kali dikawasan tersebut. “Sedimen yang ada di kali sudah cukup tinggi karena puluhan tahun tidak dikeruk. Nanti akan dikeruk menggunakan beko, sehingga diharapkan kawasan disekitarnya tidak lagi terkena banjir,” ujarnya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)