Walikota Jaktim Lepas Peserta Fun Bike di KBT

Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, melepas peserta fun bike di Taman Wairiri Pintu Air Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Minggu (14/12). Kegiatan ini diikuti sedikitnya 1000 peserta yang menempuh jarak 18 km.

Walikota mengatakan, olahraga bersepeda saat ini tengah menjadi tren, terutama di Kota Administrasi Jakarta Timur. Kegiatan ini menurut Walikota, sudah menjadi rutinitas masyarakat setiap bulannya.

"Melihat antusiasme masyarakat terhadap olahraga bersepeda yang semakin banyak peminatnya, saya kira perlunya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur memfasilitasi dengan membuat acara Fun Bike seperti yang kita laksanakan hari ini," kata Walikota saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kegiatan bersepeda ini telah dirasakan sendiri oleh masyarakat manfaatnya. Lewat olahraga bersepeda dapat menjadikan tubuh menjadi sehat dan kegiatan Fun Bike ini juga telah menjadi agenda rutin setiap bulannya bagi para pegawai dan masyarakat untuk bersilaturahmi.

"Olahraga sepeda merupakan bentuk dukungan gerakan Go Green yang telah mendunia. Kita sadar betapa saat ini polusi yang terjadi di Kota Jakarta sudah sedemikian parah. dengan bersepeda kita dapat mengurangi polusi, membantu Jakarta untuk menjadi tempat yang layak untuk dihuni," papar Krisdianto.

Menurutnya, Pemerintah Kota Jakarta Timur sangat mendukung sekali gerakan hijau bersih, salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan menggelar acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sebulan sekali di Jl. Pemuda, Kecamatan Pulogadung dan gerakan tanpa menggunakan kendaraan bermotor setiap hari Jumat pertama awal bulan.

"Kita sangat bangga sekali telah memiliki Kanal Banjir Timur, selain untuk meminimalisir banjir di Jakarta Timur Jalur KBT ini disisi kanan dan kirinya dibangun jalur sepeda dan taman bermain untuk dipergunakan oleh masyarakat Jakarta Timur setiap minggunya," ujarnya.

Krisdianto berharap, fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemerintah agar dijaga dan dirawat oleh masyarakat sehingga masyarakat pengguna fasilitas yang ada di KBT merasa nyaman dalam melakukan aktifitas olahraga.

"Jaga kebersihan KBT dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencorat coret tembok atau fasilitas umum lainnya yang ada di sepanjang jalur sepeda KBT ini," tukas Kriadianto.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Adminsitrasi Jakarta Timur, Dahlan, mengatakan, kegiatan Fun Bike ini merupakan upaya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Jakarta Timur.

"Saya kira sangat perlunya kita memberikan wadah kepada masyarakat yang gemar bersepeda, karena masyarakat saat ini sudah banyak sekali yang berminat dengan olahraga bersepeda ini seperti yang terlihat dan sudah terdaftar ada sebanyak kurang lebih 1000 orang," paparnya.

Dahlan mengatakan, rute Fun Bike kali ini sampai Marunda, Jakarta Utara, lalu balik lagi ke garis start yang panjangnya sekitar 18 kilometer. Pada acara ini juga ada pengundian door prize, mulai dari sepeda, kulkas, magic jar, kipas angin dan hadiah lainnya. (Idham/Kominfomas JT)