Walikota Jaktim Optimis Sodetan Ciliwung-KBT Rampung Tahun Ini

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengaku optimis, pembangunan sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) dapat rampung akhir tahun ini. Salah satu yang saat ini sedang dikebut pihaknya, terkait pembebasan lahan warga yang terkena proyek tersebut di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara.

“Saya optimis akhir tahun proyek pembangunan sodetan Ciliwung-KBT dapat selesai,” kata Walikota, saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Selasa (21/4).

Sosialisasi menurutnya, sudah dilakukan terhadap warga di Kelurahan Bidara Cina yang terkena dampak pembangunan proyek pengendali banjir di Ibukota tersebut. Saat ini menurutnya, pihak Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Jakarta Timur sedang menunggu kelengkapan berkas kepemilikan tanah yang dari warga.

“Saat ini sedang menunggu masyarakat menyerahkan berkas kepemilikan tanah yang dimilikinya. Bila telah lengkap, maka akan diproses untuk dibayar,” kata Bambang.

Menurut Bambang, progres pembebasan lahan untuk proyek sodetan Kali Ciliwung-KBT tersebut tiap minggu selalu dilaporkan ke dirinya. Dirinya berharap, berbagai kendala yang ada di lapangan dapat segera diatasi sehingga proyek untuk mengendalikan banjir tersebut tidak molor.

“”Tiap hari Rabu ada rapat di Kantor Walikota Jakarta Timur untuk membahas masalah pembebasan lahan. Tidak hanya sodetan Kali Ciliwung, namun juga program lainnya seperti tol Becakayu dan proyek normalisasi kali dan sungai,” kata Bambang. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)