BAZIS Jaktim Bantu Korban Kebakaran di Komplek Berlan

BAZIS Jakarta Timur kembali menyalurkan dana bantuan untuk warga yang mengalami musibah kebakaran. Bantuan kali ini diberikan untuk para korban kebakaran di tiga lokasi, yaitu Kampung Petukangan RT 005/RW 05 Kelurahan Rawaterate, Jl. Taman RT 004/RW 06 Kelurahan Cipinang Muara dan Komplek Berlan RT 08, 018, 025/RW 03 Kelurahan Kebon Manggis.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, di Musholah Al Murawwaroh, Komplek Berlan Jl. Kesatriaan VIII RT 018/RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Kamis sore (6/11). Hadir pada kesempatan ini, Kepala BAZIS Jakarta Timur Drs. Dwi Busara, Lurah Kebon Manggis Zainul Arifin, Ketua RW 03 Kelurahan Kebon Manggis Sumiati, tokoh masyarakat dan warga korban kebakaran.

Dwi Busara mengatakan, dana yang disalurkan pihaknya ini berasal dari alokasi bantuan  bencana alam BAZIS Jakarta Timur Tahun 2014. Tercatat ada 208 kepala keluarga (KK) korban kebakaran di tiga lokasi yang mendapatkan dana bantuan, terdiri dari 8 KK di Kampung Petukangan Kelurahan Rawaterate, 3 KK di Jl. Taman Kelurahan Cipinang Muara dan 197 KK di Komplek Berlan Kelurahan Kebon Manggis.

Bantuan yang diberikan tersebut, menurut Dwi, diharapkan dapat meringankan beban hidup para korban kebakaran, seperti perbaikan rumah atau pembelian baju seragam sekolah anak-anak mereka. Total dana yang disalurkan pihaknya mencapai Rp 233.800.000.

“Jumlah bantuan tersbesar disalurkan untuk warga korban kebakaran di Komplek Berlan sebesar Rp 197 juta, kemudian Kampung Petukangan Rp 24,3 juta dan Jalan Taman Rp 12,5 juta,” kata Dwi.

Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap bencana kebakaran yang menimpa warga Komplek Berlan. Menurut Walikota, diharapkan bantuan yang diserahkan pihaknya ini dapat sedikit membantu warga yang terkena musibah.

Belakangan ini menurut Walikota, telah terjadi bencana kebakaran di beberapa wilayah Jakarta Timur. Kebakaran tersebut umumnya, disebabkan oleh arus pendek listrik. “Pada kesempatan ini saya berpesan, agar kejadian ini yang terakhir. Jangan pernah ada lagi, karena beberapa waktu lalu juga terjadi kebakaran di wilayah RW 04 Kelurahan Kebon Manggis,” kata Walikota.

Menurutnya, belajar dari pengalaman yang terjadi sebelumnya, kebakaran kerap disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Untuk itu dirinya berpesan agar pemasangan instalasi listri di rumah-rumah warga harus sesuai dengan prosedur dan memperhatikan keamananan dari kemungkinan terjadinya kebakaran.

“Saya berharap musibah yang terjadi ini dapat memotivasi warga untuk bangkit dan memulai kehidupan yang lebih baik ke depan,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Walikota secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga. Selanjutnya, Walikota melihat posko dapur umum dan pengungsian korban kebakaran yang menghanguskan 197 rumah pada tanggal 14 Oktober 2014 lalu. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)