Cek Perkembangan, Tengah Malam Sekda Tinjau Proyek Sodetan Ciliwung-KBT

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT), Senin malam (27/4). Ada dua lokasi yang ditinjau Sekda, yaitu bagian outlet (pintu keluar sodetan) di Jl. DI Panjaitan, Kelurahan Cipinang Besar Selatan dan inlet (pintu masuk sodetan) di Jl. Sensus II D RT 008/04 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara.

Sekitar pukul 21.00, Sekda tiba di bagian outlet sodetan Ciliwung di Jl. DI Panjaitan, Kebon Nanas. Setibanya di lokasi, Sekda  yang didampingi Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Dandim 0505 Jakarta Timur, Letkol Inf Bagus Tri Wibowo, langsung berjalan kaki di dalam gorong-gorong hingga mencapai 100 meter untuk melihat proyek sodetan yang kedalamannya mencapai 14 meter lebih di bawah tanah tersebut.

Selanjutnya, Sekda beserta para pejabat yang mendampingi meninjau bantaran Kali Ciliwung, yang akan dijadikan tempat Inlet, tepatnya di Jl Sensus IID RT 008/04 Kelurahan Bidara Cina. Sekda pun sempat berdialog dengan warga yang tinggal di kawasan tersebut, terkait pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

Saefullah  menjanjikan kepada warga tinggal di rumah susun (Rusun), jika bersedia direlokasi. Terkait lokasinya, warga akan diajak untuk duduk bersama. “Lokasinya nanti dipikirkan, warga akan diajak ngomong,” ujar Saefullah, kepada salah satu warga.

Menurutnya, banyak warga yang direlokasi ke rumah susun merasa di tempat yang baru. “Semua puas, baik warga di Pluit, Ria-Rio, Pulogadung dan Cengkareng, mengaku senang di rumah susun,” ujarnya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)