Walikota Jaktim Akan Buka Gelar Budaya Betawi Di KBT

Sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal, Pemkot Jakarta Timur akan mengadakan Gelar Budaya Betawi dan Nusantara 2015, di sekitar pintu air Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (31/7). Rencananya, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana akan membuka acara tersebut, pukul 19.00 WIB.

Berbagai aneka kesenian Betawi seperti tari topeng, tari zapin, ondel-ondel dan gambang kromong akan ditampilkan menghibur warga yang hadir. Selain budaya Betawi, aneka kesenian dari daerah lain di Indonesia pun akan ditampilkan panitia, seperti atraksi reog Ponorogo, tari jaipong hingga musik dangdut.

Walikota mengatakan, acara ini selain untuk memberikan hiburan juga memperkenalkan kepada  masyarakat keanekaragaman budaya Betawi dan nasional. “Pada acara tersebut akan ditampilkan berbagai kesenian Betawi dan Nusantara untuk menghibur pengunjung yang hadir,” ujar Walikota.

Dirinya berharap masyarakat dapat menghadiri kegiatan yang bertujuan mempromosikan budaya Betawi dan Nusantara kepada masyarakat luas. “Kegiatan ini juga sekaligus mempromosikan KBT sebagai salah satu lokasi wisata baru dan landmark-nya Jakarta Timur,” tukasnya. (Puji/Kominfomas JT)