PMI Jaktim Lakukan `Spraying Disinfektan` di TK Labschool Rawamangun

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Spraying Disinfektan atau Penyemprotan Disinfektan, Selasa (17/3/2020) sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kegiatan penyemprotan disinfektan kali ini dilakukan di Sekolah TK Labschool Rawamangun, Jakarta Timur. Sebanyak 6 petugas dari PMI Kota Jakarta Timur dikerahkan dalam kegiatan ini.

Penyemprotan dilakukan di 3 lantai Gedung TK Labschool disemprot oleh petugas. Diantaranya yaitu ruang kelas, ruang lab, toilet, tempat bermain, termasuk sudut Gedung TK Labschool juga tidak luput dilakukan penyemprotan oleh petugas.

Kepala Sekolah TK Labschool Rawamangun, Khumaidi Tohar, mengatakan, ini merupakan instruksi Gubernur DKI Jakarta ntuk melakukan pembersihan di area sekolah. Sebelumnya, pihak sekolah telah melakukan pembersihan saat para siswa mulai menerapkan belajar di rumah pada Senin (16/3/2020).

"Setelah semua bersih kita hubungi PMI yang menyediakan bantuan penyemprotan disinfektan, dan Alhamdulilah hari dijawab dengan baik sehingga bisa dilaksanakan hari ini,"kata Khumaidi.

Khumaidi menyebutkan, PMI Kota Jakarta Timur memberikan syarat penyemprotan disinfektan dilakukan setelah sekolah sudah dibersihkan. Oleh sebab itu, dari jenjang sekolah Labschool di Rawamangun baru bisa disemprot untuk TK saja, selanjutnya yakni tingkat SD, SMP dan SMA setelah pembersihan selesai.

“Kesadaran terhadap kebersihan dimulai dari diri sendiri kemudian di lingkungan terdekat, mudah-mudahan musibah virus corona ini menjadi pelajaran dan peringatan bagi semua orang untuk kepedulian kita terhadap kesehatan dan kebersihan semakin meningkat,"pungkasnya.

Kepal Seksi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Kota Jakarta Timur, Ahmad Fadli, mengatakan, Spraying Disinfektan (penyemprotan disinfektan) dilakukan pada 16-30 Maret 2020. Selain TK Labschool, penyemprotan disinfektan juga sudah dilakukan di Masjid Al-Abidin Pondok Bambu, selanjutnya akan dilakukan di Rumah Dinas Walikota Jakarta Timur, daycare dan Klinik Melania.

"Untuk penyemprotan disinfektan kita lakukan secara gratis, dan jika ada warga Jakarta Timur meminta bantuan kami untuk menyeprotkan di sekolah, masjid atau kantor bisa langsung bersurat ke kantor PMI Kota Jakarta Timur,” jelas Fadli.

Bagi yang ingin mendapatkan penyemprotan gratis, diharapkan mengirimkan surat lengkap dengan nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selanjutnya, pihak PMI Kota Jakarta Timur yang akan menyesuaikan waktu penyemprotan disinfektan.

Fadli melanjutkan, syarat penyemprotan dilakukan dengan pembersihan lokasi terlebih dahulu dengan pengepelan menggunakan karbol. Kemudian, pihaknya akan menyediakan 7 – 10 alat semprot.

“Dengan kegiatan Spraying Disnfektan oleh PMI Jakarta Timur, semoga wabah Covid-19 segera berakhir,” ujar Fadli.

Ia pun berharap selain pembersihan dan penyemprotan disinfektan, pencegahan penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), menjaga jarak sosial, dan menjauhi kegiatan kerumunan orang banyak. (JS)