Metode Belajar Jarak Jauh SD Negeri 01 Cibesut Berjalan Lancar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan aturan siswa belajar jarak jauh untuk semua jenjang sekolah di DKI Jakarta dalam bentuk pencegahan Covid-19 atau virus corona. Metode ini dilakukan serentak oleh seluruh sekolah, termasuk SD Negeri 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Sekolah tersebut mengerahkan 2-3 guru untuk piket memberikan materi pelajaran lewat layanan chatting.

Seorang guru di SD Negeri 01 Cipinang Besar Utara, Atang Eded Haryana, menjelaskan, metode pembelajaran jarak jauh ini sudah dilaksanakan pada hari Senin (16/3/2020). Ini dilakukan sesuai instruksikan Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk meliburkan sekolah dan melaksanakan metode belajar jarak jauh.

Ia mengatakan, metode pembelajaran jarak jauh ini juga didampingi oleh orang tua murid atau wali murid.

“Mata pelajarannya tetap sama sesuai dengan hari biasa yang sudah dijadwalkan, cuma materinya kita berikan lewat WhatsApp (layanan `chatting`), dan para wali murid mengirimkan kembali hasilnya,” jelas Atang, Rabu (18/3/2020) di ruang guru SD Negeri 01 Cipinang Besar Utara.

Setelah murid mengerjakan materi pelajaran, wali murid diminta memberikan bukti dokumentasi, baik berupa foto atau video kepada guru melalui pesan singkat layanan chatting.

Atang, mengatakan untuk hari Rabu ini jadwal mata pelajarannya adalah Bahasa Indonesia, PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Matematika, dan SBDP (Seni Budaya dan Prakarya). Nantinya, para wali kelas yang tidak piket hadir ke sekolah juga memberikan materi pelajaran dari rumah.

“Semua pelajaran dikirim kembali dalam waktu sehari. Alhamdulillah metode belajar jarak jauh ini berjalan lancar,” pungkasnya. (AD)