PMI DKI Jakarta Siapkan 300 Relawan Evakuasi Pasien Suspect Covid-19

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menyiapkan 300 relawan tim evakuasi yang siap membantu penanganan pasien Covid-19 atau virus corona.

Ketua Satuan Petugas Penanggulangan Covid-19 PMI DKI Jakarta, Gurhadi Kartasasmita, mengatakan, relawan tim evakuasi ini dibentuk atas kerjasama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam penanganan Covid-19.

Mereka bekerja menjemput pasien yang sudah merasa tidak enak badan, sudah mengisolasi diri di rumah atau suspect Covid-19 (memiliki riwayat berpergian ke negara terinfeksi atau bertemu dengan pasien positif Covid-19), dan menghubungi layanan telepon Covid-19 (112).

“Nanti ada tim yang datang dari Dinkes, dan bila suspect, kita akan hubungi dan evekuasi pasien ke rumah sakit,” kata ujar Gurhadi, usai kegiatan penyemprotan disinfektan di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (18/3/2020).

Gurhadi para relawan evakuasi akan disiapkan di setiap wilayah di Jakarta, termasuk Jakarta Timur, dan posko utama PMI DKI Jakarta.

“Nantinya, di dalam setiap ambulans akan disiapkan 5 kru, mulai dari sopir, dokter, perawat dan dua staf,” tambahnya. (VS)