Puskesmas Kecamatan Jatinegara Tetap Buka Pelayanan Seperti Biasa

Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara, dr. Dara, mengatakan petugas Puskesmas Kecamatan Jatinegara tetap membuka layanan seperti biasa, tetapi dengan memberlakukan sistem bergiliran bagi petugas pelayanan. Sementara untuk petugas bagian administrasi diberlakukan sistem Work From Home (kerja dari rumah).

Ini dilakukan dalam menindaklanjuti Surat Edaran Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020, tentang Penyesuaian Sistem Kinerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Karena pasien sudah tidak terlalu banyak, mungkin karena warga juga mengerti tentang  arahan untuk tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan keluar rumah, jadi petugas bisa kami gilir untuk di pelayanan,” tutur Dara, Selasa (24/3/2020).

Terkait pelayanan pasien puskesmas, Dara mengimbau agar pasien yang ingin berobat tidak berlu diantar oleh rombongan. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona dan menerapkan social distancing (jaga jarak sosial) di area publik.

“Masih ada kebiasaan masyarakat datang berbondong-bondong ke puskesmas untuk mengantar keluarga yang berobat, bisa sampai 3 atau 4 orang yang mengantar, cukup 1 orang saja yang mengantar,” jelas Dara.

Selain itu, Puskesmas Jatinegara telah menerapkan social distancing di dalam lingkup puskesmas. Diantaranya yaitu memberikan pemisah jarak duduk, aturan beridiri di dalam lift, cuci tangan pakai sabun dan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk puskesmas, serta jaga jarak antre di loket. (OS)