Petugas Gabungan Pondok Ranggon Semprot Disinfektan di Area Publik

Kelurahan Pondok Ranggon rutin melakukan penyemprotan disinfektan di area publik sejak 20 Maret 2020 hingga saat ini, dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di seluruh wilayah Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Pada Rabu (25/3/2020) pagi, sebanyak 12 petugas gabungan yang terdiri dari PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kelurahan Pondok Ranggon menggelar aksi penyemprotan disinfektan di area publik.

Ada dua tempat yang disemprot disinfektan pada pagi ini, yaitu Musholla Al-Amaliyah, Jalan Swadaya III Nomor 10 Kelurahan Pondok Ranggon dan Taman Pendidikan Al-Quran Daarussaadah, Komplek Peternakan Sapi Perah Pondok Ranggon.

“Penyemprotan dilakukan hingga sore hari. Total hari ini ada 11 lokasi penyemprotan di wilayah Kelurahan Pondok Ranggon," kata Lurah Pondok Ranggon, Nur Hilal.

Nur menyebutkan, dari data yang terkumpul pada 20-25 Maret 2020, penyemprotan disinfektan  dilakukan di 11 masjid, 23 musala, 3 pesantren, 6 kantor sekretariat RW dan 10 rumah warga.

Dari aksi ini, Nur menyatakan kegiatan peyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas gabungan dari Kelurahan Pondok Ranggon memiliki keterbatasan alat, cairan dan tenaga. Oleh sebab itu, ia meminta agar para warga untuk melakuan penyemprotan mandiri, tanpa menunggu petugas kelurahan.

Selain itu, ia mengimbau agar para pengurus RT, RW, kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik), kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), dan Dasawisma di Kelurahan Pondok Ranggon untuk ikut memutus rantai penulaian Covid-19.

"Kami berharap apabila masih ada ibu atau anak-anak yang berkerumun di luar rumah mohon untuk mengikuti himbauan pemerintah untuk tinggal di dalam rumah,” harapnya. (JS)

Foto Dok. Kelurahan Pondok Ranggon