Walikota Pimpin Kerja Bakti Bersihkan Kali Baru Di Kelurahan Cijantung

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin aksi kebersihan di sepanjang bantaran Kali Baru, RW 01 Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Minggu (13/9). Walikota mengatakan, dirinya setiap minggu pagi secara rutin berkunjung ke wilayah-wilayah untuk melakukan aksi kerja bakti agar tercipta lingkungan yang bersih, nyaman dan indah di Jakarta Timur.

"Kebersihan itu penting karena akan menjaga kesehatan warga itu sendiri, untuk itu mumpung masih musim panas kita fokuskan membersihkan lingkungan baik itu saluran air di depan rumah maupun kali yang ada. Agar saat musim hujan datang tidak ada lagi air yang tergenang,” ujar Walikota.

Menurutnya dengan dibersihkan saluran air yang ada setiap minggu bersama petugas PPSU Kelurahan dan warga, maka kedepan diharapkan tidak terjadi banjir di pemukiman. Dirinya pun berpesan agar warga membuat sumur resapan sebanyak mungkin, sehingga saat musim hujan datang tanah dapat menyerap air sebanyak-banyaknya.

"Pembuatan sumur resapan ini dirasa sangat perlu sekali dilakukan, karena mayoritas warga Jakarta menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-harinya,” ujarnya.

Menurut Walikota, tanpa disadari saat ini sudah terjadi penurunan permukaan tanah di Jakarta yang disebabkan semakin berkurangnya air di dalam tanah. “Saat ini penurunan tanah sudah mencapai 17 cm setiap tahunnya di Jakarta dan bahkan bisa lebih dari itu,” papar Walikota.

Sementara itu, Lurah Cijantung Tri Kuswijayanto mengatakan, kerja bakti ini difokuskan di kali Baru, sepanjang Jl. Kampung Asem dan kali Gongseng.

"Perugas PPSU yang kita kerahkan sebanyak 60 orang dari Kelurahan Cijantung dan ada bantuan 10 petugas PPSU Kelurahan yang ada di Kecamatan Pasar Rebo, sementara itu warga yang hadir untuk ikut kerja bakti ada sekitar 400 oran,” tukas Tri. (Idham/Kominfomas JT)