Atasi Genangan, Satgas SDA Kramat Jati Bangun Sodetan

Antisipasi timbulnya genangan saat musim penghujan datang, puluhan Satuan Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kramat Jati membuat sodetan dan pemasang beton U Ditch di Jl. Masjid Al Ihsan RT 012/RW 10 Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat jati, Jakarta Timur.

Camat Kramat Jati, Eka Darmawan, mengatakan, pembuatan sodetan ini kurang lebih sepanjang 35 meter. Seluruh sodetan ini dipasangi beton U Ditch dan pengerajaan dilakukan secara manual.

Eka berharap, pembuatan sodetan ini dapat mengatasi genangan yang sering terjadi di wilayah RT 012/RW 10 Kelurahan Kramat jati.

"Saat ini kita manfaatkan dengan penataan saluran air. Salah satunya dengan pembuatan sudetan dan pemasangan u-ditch. Ini sebagai strategi untuk mengatasi genangan saat musim hujan nanti,” ujar Eka kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (25/8/2020).

Ia menjelaskan, selain itu petugas Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kramat Jati maupun petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana umum), pembersihan saluran air juga dilakukan di wilayah tugasnya masing-masing

Kasatpel (Kepala Satuan Pelaksana) SDA Kecamatan Kramat Jati, Muchlis, menambahkan, pembuatan sodetan dan pemasangan beton U Ditch di Jl. Masjid Al-Ihsan ini sudah berjalan sekitar 3 minggu. Proses pekerjaan sudah berjalan sekitar 40 persen dan ditargetkan rampung pada akhir September mendatang, lantaran seluruh proses pekerjaannya dilakukan secara manual.

Sejauh ini tidak ada kendala teknis di lapangan. Namun, jika hujan deras turun, menjadi kendala dalam penggalian tanah.

"Pekerjaan ditarget rampung dalam dua bulan, diharapkan di akhir September nanti pekerjaan sudah rampung seluruhnya," ujar Muchlis.

Ia melanjutkan, setelah dilakukan penggalian tanah pihaknya langsung memasang beton U Ditch secara bertahap. Dari total 14 beton U Ditch saat ini sudah terpasang lima unit, sisanya dalam proses seiring dengan penggalian tanahnya.

Pembuatan sodetan dan pemasangan beton U Ditch ini melibatkan 15 personel Satgas SDA Kecamatan Kramat Jati. (AD)

Foto Dok. SDA Kecamatan Kramat Jati