Warga Yang Terkena Sodetan Ciliwung Ambil Kunci Rusun CBS

Sebanyak 73 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Bidara Cina yang tempat tinggalnya terkena proyek sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) mengikuti undian untuk mendapatkan unit rusun di Rusunawa Cipinang Besar Selatan (CBS), Jumat (2/10). Undian sekaligus penyerahan kunci rusun yang dihadiri Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana ini, digelar di Aula Kantor Kelurahan Bidara Cina.

Warga yang direlokasi ke Rusunawa CBS tersebut, nantinya tidak akan dipungut biaya selama tiga bulan pertama. Selanjutnya, warga membayar Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) yang besarnya bervariasi sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan, seperti lantai I dengan IPL Rp 234 ribu perbulan, lantai II (Rp 212 ribu per bulan), lantai III  (Rp 192 ribu per bulan), lantai IV (Rp 173 ribu perbulan) dan lantai V (Rp 156 ribu per bulan).

Rusun CBS terdiri dari tipe 30 yang tiap unitnya memiliki dua kamar, satu ruang tamu, dapur dan dibelakang tempat jemuran. Beberapa fasilitas yang ada di Rusun CBS antara lain PAUD, Klinik dan perpustakaan.

Walikota mengatakan, pengundian nomor dan pengambilan kunci rusun lebih difokuskan di level dasar terlebih dahulu dan diutamakan untuk para manula. “Persyaratan harus ada Kartu Keluarga, karena akan dicatat langsung oleh Sudin Dukcapil saat pengundian dan pengambilan kunci,” kata Bambang.

Warga nantinya juga harus membuat KTP berdasarkan tempat hubiannya yang baru yaitu di Rusunawa CBS. “Dalam proses administrasi pemindahan dokumen tidak ada pungutan apapun. Sudin Dukcapil juga akan melayani sebaik mungkin dan secepat mungkin,” ungkap Bambang.

Selanjutnya Kasudin Dukcapil Jakarta Timur Ahmad Fauzi, mengatakn, pihaknya akan mengurus semua pemindahan data kependudukan dari KTP dan KK. Pihaknya akan segera melakukan pendataan setelah warga mengambil nomor undian dan kunci rusun.

"Kami juga akan membantu warga secara gratis dalam proses dokumen kependudukan dan akte kelahiran warga rusun yang ingin membuat kita siap membantu," kata Fauzi.

Sementara itu Kasatpol PP Jakarta Timur Hartono Abdullah mengatakan, pihaknya akan menyiapkan angkutan dan anggota Satpol PP untuk membantu warga pindah ke rusunawa CBS. "Anggota Satpol PP siap membantu pemindahan barang dari rumah warga di Bidara Cina menuju rusun CBS," kata Hartono.

Menurut Hartono, selama satu minggu setelah pengundian dan pengambilan kunci rusun pihaknya akan membantu warga yang akan membongkar tempat tinggal dan mengangkuti barang-barangnya.

"Satpol PP melakukan koordinasi dengan RT dan RW dalam operasi kemanusiaan ini, agar proses relokasi berjalan dengan lancar. Sarana dan seluruh personel Satpol PP wilayah Jakarta Timur akan dikerahkan dalam pemindahan ke rusun CBS,” tutup Hartono.(Jonathan/Kominfomas JT)