Warga Bidara Cina Mulai Pindah Ke Rusunawa CBS

Secara bertahap, warga Kelurahan Bidara Cina yang tempat tinggalnya terkena proyek pembangunan sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) sudah mulai pindah ke Rusunawa Cipinang Besar Selatan (CBS). Hingga Jumat (9/10), dari 74 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan kunci unit Rusunawa CBS, sebanyak 68 KK sudah memindahkan perabotan dan barang-barang miliknya.

Tidak hanya memindahkan barang, sebagian diantara bahkan sudah mulai menempati unitnya. Seperti warga RT 06/RW 05, Kelurahan Bidara Cina, dari sebanyak 48 KK direlokasi, sebanyak 15 KK diantara sudah menempati Rusunawa CBS.

Ketua RT 06/RW 05 Kelurahan Bidara Cina, Agus Salim mengatakan, hampir seluruh warga di wilayahnya yang terkena proyek sodetan Ciliwung, sudah memindahkan barang-barang dan beberapa diantara sudah mulai menempati unit mereka.

"Saya juga sudah dua malam tinggal di sana. Seluruhnya ada 15an KK lah yang sudah menempati unit mereka," ujarnya.

Menurut Agus, walaupun sudah ada yang menempati unit, namun belum seluruh barang warga terangkat ke rusun. Sebab, selain kendala pengangkutan, untuk memindahkan barang warga pun membutuhkan tenaga tambahan.

Sementara itu Camat Jatinegara, Budi Setiawan mengatakan, untuk membantu warga, hari ini sebanyak 100 personil Satpol PP dikerahkan. Selain itu, sebanyak empat  unit truk juga disiagakan mengangkut barang warga.

"Tidak cuma di RT 06/RW 05 Kelurahan Bidara Cina, warga di RW lain yang direlokasi juga kita bantu. Totalnya lebih dari 68 KK atau sekitar 90 persen yang sudah pindah," ujarnya.

Ditambahkan Budi, selain hari ini, di akhir pekan nanti, sebanyak 200 personil PP akan diterjunkan membantu warga. Diharapkannya, Senin (12/10) nanti, pemindahan barang-barang warga sudah rampung. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)