Petugas PPSU Akan Dikerahkan Bersihkan Kali Cipinang

Untuk mengantisipasi banjir akibat luapan Kali Cipinang saat tiba musim penghujan, pihak Kelurahan Makasar dan Pinangranti berencana akan menggelar kerja bakti massal, Minggu (18/10). Sasaran aksi yang melibatkan petugas Penanganan Prasarana dan sarana (PPSU) dari dua kelurahan tersebut, yaitu membersihkan sampah dan sedimen di sepanjang Kali Cipinang.

"Besok Minggu kami bersama dua kelurahan, Kelurahan Pinang Ranti dan Makasar, rencananya bakal turun bareng PPSU dan masyarakat sama dari Sudin Tata Air, kerja bakti kita optimalin Kali Cipinang, mumpung lagi kering," kata Camat Makasar, Ari Sonjaya, Selasa (13/10).

Dikatakan Ari, saat curah hujan tinggi sejumlah lokasi yang dilintasi Kali Cipinang kerap terendam banjir. Untuk Kelurahan Pinang Ranti, banjir selalu dirasakan warga RW 4. Sementara di Kelurahan Makasar, banjir kerap menggenangi pemukiman warga di RW 5 dan RW 4.

Agar kerja bakti dan normalisasi Kali Cipinang bisa berjalan optimal, pihaknya akan meminta sekaligus mengundang Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, untuk menginstruksikan Suku Dinas Tata Air mengerahkan alat beratnya.

"Kita mau koordinasi dan menghadirkan Pak Wali supaya turun alat berat yang kecil, seperti ekskavator amphibi mini," tandas Ari. (Jonathan/Kominfomas JT)