Wakil Walikota Minta Warga Waspadai Penyakit DBD

Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Husein Murad memimpin monitoring pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 01 Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jumat (13/11). Kegiatan ini diikuti sekitar 20 Jumantik yang berasal dari RT 01-08 di RW 01 Kelurahan Cakung Barat.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota meminta masyarakat untuk mewaspadai mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan rutin melakukan PSN di sekitar tempat tinggal masing-masing. “Perlunya keikhlasan para warga agar lebih peduli terhadap pencegahan DBD, jangan sampai  dibebankan kepada para kader jumantik, tapi harus dilaksanakan oleh seluruh warga dengan membentuk jumantik mandiri disetiap rumah," pesan Wakil Walikota yang didampingi Camat Cakung Alamsyah dan Kabag Kesos Jakarta Timur Yeni Asnita.

Kepada para pengurus RW dan RT, Husein berpesan agar mereka dapat memonitor pelaksanaan PSN yang diadakn setiap Jumat pagi. Mereka juga diharapkan dapat memfasilitasi atau memberikan terhadap permasalahan yang dihadapi para Jumantik di lapangan.

Wakil Walikota juga berpesan agar warga menjaga kebersihan. Terlebih lagi wilayah RW 01 Kelurahan Cakung Barat berada dekat Pasar Cakung. "Warga RW 01 harus berkoordinasi dengan pengelola pasar untuk membersihkan lingkungan,karena lokasi pemukiman warga dekat dengan pasar, sehingga sampah pasti lebih banyak," ungkapnya.

Agar lingkungan bisa bersih dan sehat, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Husien mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memfokuskan upaya melakukan pembenahan dalam mengurangi permasalahan banjir dengan melaksanakan refungsi atau normalisasi sungai dan sodetan antara Kali Ciliwung dengan KBT, penertiban bangunan diatas kali atau saluran air. “

“Untuk diharapkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama pemerintah daerah saling menjaga kebersihan dan ketertiban kota," tutupnya. (Jonathan/Kominfomas JT)