Walikota Pimpin Kerja Bakti Di RW 01 Kelurahan Kayu Manis

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin aksi kebersihan di RW 01 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Minggu (17/1). Sasaran aksi kerja bakti yang diikuti para pejabat Pemkot Jakarta Timur dan warga setempat ini yaitu saluran sepanjang 700 meter yang tersumbat akibat dipenuhi sedimen lumpur dan sampah.

Sebelum kerja bakti, Walikota memimpin apel di halaman Sekretariat RW 01 Kelurahan Kayu Manis. Apel diikuti para pejabat Pemkot Jakarta Timur, Camat Matraman Achmad Salahudin, Lurah Kayu Manis Endang Kartika, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), petugas Sudin Tata Air Jakarta Timur dan masyarakat setempat.

Walikota mengatakan, saluran air sudah sangat dangkal sehingga tidak dapat menampung air dengan normal. Namun, karena tebalnya lumpur yang ada, saluran tersebut harus direfungsi oleh Sudin Tata Air Jakarta Timur.

"Target kebersihan pagi kali ini adalah saluran air yang mengalami pendangkalan,” kata Walikota.

Menurut Walikota, piak Sudin Tata Air Jakarta Timur juga akan segera menormalisasi saluran air.  “Target awal Februari sudah bisa dimulai pengerjaan, sehingga permasalahan genangan air bisa terselesaikan,” ujar Bambang.

Dirinya berharap, warga setempat tidak lagi membuang sampah ke kali ataupun saluran air, karena tersebut merupakan salah satu penyebab utama banjir di kota Jakarta. “Jika warga bisa menjaga kebersihan, saat musim hujan tidak akan ada genangan lagi dan banjir bisa teratasi,” kata Walikota.

Lurah Kayu Manis, Endang Kartika menambahkan, meski tidak pernah banjir namun saluran air di RW 01 ini harus dinormalisasi. Pasalnya, kalau didiamkan lama-lama bisa memicu terjadinya banjir.

"Kami tidak memiliki wilayah yang banjir. Namun kalau saluran airnya tersumbat seperti ini, ya lama-lama bisa banjir juga," tukasnya. (Jonathan/Kominfomas JT)