Walikota Jaktim Pimpin Kerja Bakti Di Kelurahan Munjul

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana bersama-sama dengan masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Timur gotong royong membersihkan sampah di lahan kosong, di Jalan Yankes RT 005/RW 01 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Minggu (21/2). Lahan kosong yang dibersihkan milik Jasa Marga yang terletak di pinggir Jalan Tol Jagorawi.

Sebelum kerja bakti, Walikota bersama para pejabat terlibat melakukan apel di depan Kantor Sekretariat RW 01 Kelurahan Munjul. Ikut pada apel ini petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) Kelurahan Munjul, unsur Satpol PP, Sudin Damkar, Sudin Tata Air dan warga Kelurahan Munjul.

Usai apel, Walikota melakukan penanaman 100 pohon secara simbolis di sekitar lokasi kerja bakti. Ikut melakukan penanaman pohon antara lain, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Junaidi, Asisten Kemas Jakarta Timur Ibnu Hajar dan Camat Cipayung Iin Mutmainnah.

“Kerja bakti kali ini membersihkan sampah di  lahan kosong yang berada dekat jalan tol,” kata Walikota.

Walikota mengatakan, sedikitnya ada empat truk Sudin Kebersihan Jakarta Timur yang dikerahkan untuk mengangkuti sampah hasil dari kerja bakti kali ini. “Seharusnya ranting dan daun yang berserakan bisa dijadikan pupuk kompos, tapi karena banyaknya plastik dan lainnya maka kita bersihkan sekalian,” tutur Bambang.

Dirinya berharap, warga setempat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. “Buang sampah di tempat sampah atau TPS yang telah disiapkan, dan jangan buang sembarangan di tanah kosong,”pesan Walikota.

Sementara itu Lurah Munjul Henny Hermayani mengungkapkan, setelah dibersihkan pihaknya langsung menanam pepohonan di lahan milik Jasa Marga tersebut. " kita akan langsung tanam tanaman bantuan dari Jasamarga, agar sampah tidak di buang lagi di lahan kosong tersebut,” ujarnya.  

Dirinya berharap, warga ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah lagi di lahan kosong yang sdudah dibersihkan bersama-sama dengan Walikota. “Kontrol  sosial dari warga juga dibutuhkan agar kebersihan lingkungan lebih baik lagi kedepannya,” ujar Henny. (Jonathan/Kominfomas JT)