Wali Kota Jakarta Timur Minta Lurah Ajukan Pelatihan Kerja untuk Warga

Kelurahan Halim Perdanakusuma menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 di Aula Serbaguna Lantai III, Kantor Kelurahan Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022).

Musrenbang ini dibuka langsung secara daring oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar dari Ruang Rapat Khusus Wali Kota, Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur dan diikuti para Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat.

Ia mengatakan, warga dapat mengusulkan apa yg menjadi kebutuhannya, dengan mengusulkan secara seimbang, sehingga kebutuhan fisik dan nonfisik dapat sejalan dalam mewujudkan kesejahteraan.

"Saya minta Lurah bersurat langsung ke Balai Pelatihan Kerja, untuk mengusulkan pelatihan bagi warga agar dapat mempunyai skill atau keahlian dan kemampuan di tengah pandemi Covid 19. Sesuai dengan arahan Pak Gubernur, berkolaborasi dalam memajukan perekonomian," kata Wali Kota.

Ia menjelaskan, usulan pembangunan nonfisik dalam Musrenbang kali ini harus lebih banyak dari pembangunan fisik. Sebab, saat ini banyak warga terdampak wabah Covid 19, sehingga perlu peningkatan ekonomi.

Sementara itu, Lurah Halim Perdanakusuma, Heru Setiawan, menjelaskan, total usulan Musrenbang Kelurahan Halim Perdanakusuma sebanyak 159 usulan yang merupakan hasil penginputan data Rembuk RW. Dengan rincian 115 usulan fisik, 13 nonfisik dan 31 pengadaan barang, nilai anggaran sebesar Rp72, 4 miliar. Ia berharap, semua yang diusulkan warga dapat direalisasikan.

"Memang masih banyak usulan warga yang terfokus pada pembangunan fisik, dibandingkan usulan nonfisik. Untuk itu, Musrenbang ini akan kita musyawarahkan mengenai berbagai pelatihan-pelatihan,” katanya. (AD)