Gubernur: RSUD Di Provinsi DKI Jakarta Lebih Baik Dari Swasta

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, secara umum kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Provinsi DKI Jakarta sudah lebih baik dari rumah sakit swasta. Menurut Gubernur, pihaknya pun terus meningkatkan pelayanan promotif dan preventif.

"Kualitas RSUD yang lebih baik ini juga dikarenakan pelayanan promotif dan preventif yang dilakukan terus digenjot dengan baik," ujar Basuki, saat meresmikan Gedung B RSUD Budhi Asih di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Cawang, Jumat (11/3).

Basuki menambahkan,  dari beberapa RSUD yang ada di Ibu Kota seluruhnya memiliki kualitas pelayanan yang sama. Tidak hanya khusus jantung atau kanker saja tetapi juga tersedia untuk cuci darah dan fasilitas kesehatan lainnya.

Pihaknya tidak sepakat dengan rumah sakit swasta (On Class) yang membedakan tiap pasienya. Namun,  RSUD Ibu Kota tersebut tidak membedakan kelas per lantainya.

"Mulai dari VIP, kelas I, II, dan III berada di satu lantai serta perawatnya pun tidak dibedakan tidak seperti halnya rumah sakit swasta, disini disamakan sehingga pelayanannya berdampingan dengan kelas lainya. Ini terbukti istri mantan Wagub dan Walikota di opname disini," jelasnya.

Basuki mengungkapkan, fasilias dan ranjang di RSUD juga terus ditingkatkan. "Saya kira RSUD di DKI luar biasa, kita sudah tambah sampai 1.950 ranjang. Ini ditambah 100 jadi hampir 2.000. Bagi saya yang penting dokter serta perawat harus melayani dan miliki hati," tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)