Wagub Buka Pembekalan Kader FKDM Di Kantor Walikota Jaktim

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, membuka pembekalan kader Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Jakarta Timur, di Ruang Serba Guna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Sabtu (9/3). Djarot meminta kader FKDM meningkatkan kewaspadaan dan memposisikan diri menjadi pendingin dalam mengantisipasi terjadinya gejolak sosial.

"Dinamika di Jakarta itu sangat cepat dan dinamis. Maka dibutuhkan antisipasi dan cegah dini. FKDM harus mampu menjadi pendingin lingkungan bukan menjadi pemadam. Karena kalau pemadam, berarti sudah ada kejadian," ujar Djarot.

Menurutnya, FKDM harus menjadi mata, telinga dan mulut pemerintah. Mereka juga harus membaur dengan masyarakat. Sehingga setiap ada gerakan cepat diketahui dan dicegah. Dengan membaur maka FKDM juga dapat menyerap informasi lebih awal.

Sementara, Ketua FKDM DKI Jakarta, Rico Sinaga mengatakan, jumlah peserta yang hadir dalam pembekalan ini sekitar 210 orang. Mereka merupakan anggota FKDM se-Jakarta Timur yang menyebar hingga tingkat kelurahan.

"Tahun 2016-2017 adalah tahun politik. Kami juga berharap seluruh pimpinan dan elit politik tidak bertengkar. Karena mereka masing-masing punya massa dan ini akan berdampak di lapisan bawah," tandasnya.(Jonathan/Kominfomas JT)