RW 02 Malaka Sari Sudah Punya Posyandu Remaja Tunas Baru

Wilayah RW 02 Kelurahan Malaka Sari sudah mempunyai Posyandu Remaja yang diberi nama Posyandu Remaja Tunas Baru, yang berlokasi di Sekretariat RW 02 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ini merupakan Posyandu Remaja pertama yang berada di wilayah Kecamatan Duren Sawit.

“Semoga dengan adanya Posyandu Remaja, kesehatan remaja di wilayah Kelurahan Malaka Sari lebih baik dan selalu memperhatikan Pola Hidup Bersih dan Sehat selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Lurah Malaka Sari, Rusli Abidin, Senin (18/7/2022).

Posyandu Remaja Tunas Baru diresmikan pada 17 Juli 2022 dengan rangkaian acara kuesioner skrining kesehatan remaja, layanan pengecekan kesehatan, konseling masalah kesehatan dan edukasi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Sunersih Handayani, menilai Posyandu Remaja Tunas Baru yang berada di lingkungan RW 02 Kelurahan Malaka Sari nyaman, asri dan ramah anak.

“Posyandu Remaja ini merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya para remaja di wilayah RW 02 Kelurahan Malaka Sari," ucapnya.

Ia menjelaskan, Posyandu Remaja Tunas Baru memiliki beberapa program seperti aktivitas fisik remaja terkait masalah gizi, Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) pada remaja, Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Penyalahgunaan Napza, Kampanye HIV, Kesehatan Reproduksi, Pencegahan Kekerasan pada remaja, Pencegahan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular, dan Kesehatan Lingkungan. Selanjutnya, pengembangan kegiatan lain sesuai minat dan potensi wilayah seperti kegiatan olahraga, seni, keagamaan, keterampilan, dan lain sebagainya.

Selain itu, Ketua RW 02 Kelurahan Malaka Sari, Masykur, mengaku mendukung pembentukan Posyandu Remaja ini, agar para remaja bisa mengetahui tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Diharapkan para remaja di lingkungan RW 02, dapat menjalankan pola hidup sehat dan juga mendapatkan bekal informasi kesehatan untuk para remaja untuk masa depannya," ujarnya. (JS)

Foto Dok. Kelurahan Malaka Sari