Gubernur DKI Resmikan `Pengabdian Kepada Masyarakat` UNJ di Jatinegara Kaum

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta di wilayah Kelurahan Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur secara resmi digelar.

Peresmian kegiatan ini ditandai dengan penyerahan bibit pohon kopi oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Komarudin yang diterima langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di Masjid Assalafiyah, Jalan Jatinegara Kaum, Kamis (21/7/2022).

Pada kegiatan ini, hadir Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana. Hadir pula, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta, Ucu Cahyana, Camat Pulo Gadung, Syafrudin Chandra, dan Lurah Jatinegara Kaum, Henrica Kuswandari.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan dukungan dan apresiasi dalam kerja sama menuntaskan berbagai permasalahan dan berdampak bagi masyarakat. Baginya, ini bukan hanya menerapkan ilmu pengetahuan, melainkan dapat menyelesaikan permasalah yang ada di masyarakat dengan menggunakan ilmu dan wawasan yang dimiliki.

“Ini terus akan kita berikan dukungan, di berbagai kegiatan yang terkait dengan pengabdian masyarakat. Kampus memang memiliki tiga tanggung jawab salah satunya adalah pengabdian. Kami berharap sekali bahwa kerja bersama ini menjadi sebuah kerja sama yang panjang,” kata Gubernur.

Ia pun berharap, hasil dari adanya Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan menjadi bahan untuk penyusunan pengkajian yang bermanfaat dalam menangani permasalahan Ibu Kota, bahkan kota - kota lain di luar Jakarta.

“Ini akan lebih dari sekadar dari melaksanakan Tridharma perguruan tinggi,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Jakarta, Komarudin, menjelaskan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan terus berkelanjutan dengan tujuan adanya perubahan yang signifikan pada masyarakat Jatinegara Kaum. Ini juga sebagai indikator utamanya terjadinya perubahan bagi masyarakat yang mandiri.

“Ini bagian upaya motivasi bagi dosen dan mahasiswa UNJ dalam mengabdikan diri kepada masyarakat,” tandas Komarudin. (AJ)