Kali Cipinang Meluap, Anak-Anak Ke Sekolah Naik Perahu Karet

Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta sejak Kamis dini hari (21/4), telah menyebabkan genangan di beberapa wilayah Jakarta Timur. Salah satunya, banjir setinggi 1,5 meter terjadi di Jalan Gelanggang Remaja, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar.

Banjir yang disebabkan luapan air Kali Cipinang, melanda 22 RT yang tersebar di tiga RW yaitu RW 05, RW 06 dan RW 07 Kelurahan Makasar. Lokasi yang tergenang antara lain di Jalan Kampung Makasar, RW 07 dimana ketingian air mencapai 1,5 meter, selain itu juga di Jalan Irigasi, Kampung Sawah RW 05, ketinggian air antara 1,5-2 meter dan Jalan Sarbini 1 dan Jalan Sarbini 2 di RW 06 dimana ketinggian air antara 1-1,5 meter.

Menurut Tosel, Kepala PPSU Kelurahan Makasar, sebanyak 40 petugas PPSU Kelurahan Makasar dikerahkan untuk mengatasi banjir. Mereka dibagi tiga RW yang tergenang air, yaitu  RW 05, RW 06 dan RW 07.

Selain itu, sebanyak dua perahu karet disiapkan oleh Kelurahan Makasar untuk membantu mengantar warga beraktifitas dan anak-anak ke sekolah. “Banjir akibat hujan yang terjadi dari malam hari, sehingg amembuat Kali Cipinang meluap,” katanya.

Menurutnya, warga yang rumahnya tergenang langsung diungsikan ke posko banjir yang telah disiapkan yaitu di GOR Kecamatan Makasar. “Semua warga sudah dievakuasi ke posko banjir yang berada di GOR Kecamatan Makasar,” ujar Tosel. (Jonathan/Kominfomas JT)